Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Chef Selebritas Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang ke Bukittinggi

Kedatangan juru masak ternama Gordon Ramsay ke Sumatera Barat untuk memasak rendang semakin menegaskan popularitas citarasa Indonesia di kancah global.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 02 Juli 2020  |  12:58 WIB
Rendang - Antara
Rendang - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU – Kedatangan juru masak ternama Gordon Ramsay ke Sumatra Barat (Sumbar) untuk belajar memasak rendang semakin menegaskan popularitas citarasa Indonesia di kancah global.

Irwan Prayitno, Gubernur Sumbar, menyampaikan bahwa rendang memang sama saja seperti masakan Indonesia pada umumnya. Namun, rendang minang memiliki ciri khas yang resepnya diajarkan secara turun temurun dan menggunakan bahan-bahan asli tanah minang yang memiliki warna dan bentuk khas.

"Karena kami sendiri sebagai orang Sumatera Barat tidak pernah men-setting itu, ternyata [rendang] sudah mendunia. Kalaulah rendang itu tidak enak, otomatis sekali dicoba tidak mungkin dicoba kedua kali,” kata Irwan melalui keterangan resmi, Rabu (2/7/2020).

Irwan mengungkapkan bahwa rendang memang sudah menjadi makanan favorit dunia. Wisatawan asing yang berkunjung ke Sumbar pun juga pasti mencicipi rendang selama masa pelesirnya. Ibaratnya belum afdol kalau belum memakan rendang ketika mengunjungi Ranah Minang.

Dengan popularitas rendang yang sudah tidak dipertanyakan lagi, Irwan mengatakan hal itu bisa menjadi modal mempromosikan produk kuliner tersebut.

Adapun bagi masyarakat Minang, rendang bukanlah sekadar makanan yang enak. Makanan yang proses masaknya memakan waktu lama ini telah menjadi tradisi dan selalu dihidangkan pada hari-hari besar keagamanaan maupun adat.

"Dan setiap hari-hari besar seperti hari raya Idulfitri, mengundang syukuran, pernikahan, acara adat Minang itu makanan wajib pastilah rendang," tutur Irwan.

Melalui akun Instagram-nya, Gordon Ramsay (@gordongram), mengunggah video selama berada di Bukittinggi untuk program Gordon Ramsay: Uncharted yang ditayangkan National Geographic.

“Saya tidak akan terburu-buru membuat rendang ini, walaupun hujan!” kata Ramsay tertawa.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar rendang
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top