Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

6 Cara Membuat Kopi Nikmat di Rumah

Membuat kopi instan mulai menjadi tren awal 2020 ini dengan Dalgona Coffee yang berawal dari Korea Selatan.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  17:35 WIB
Dalgona Coffee yang kini menjadi tren dan bisa dibikin di rumah. - Instagram @sherubi
Dalgona Coffee yang kini menjadi tren dan bisa dibikin di rumah. - Instagram @sherubi

Bisnis.com, JAKARTA – Sebelum masa pandemi Covid-19, menikmati kopi langsung dari biji kopi adalah salah satu hal yang favorit. Namun, pandemi ini membuat banyak pecinta kopi beralih ke kopi instan untuk membuat makanan atau minuman.

Dilansir dari Insider, Rabu (1/7/2020), biasanya kopi instan disediakan di hotel. Membuat kopi instan pun mulai menjadi tren awal 2020 ini dengan Dalgona Coffee yang berawal dari Korea Selatan. Cara mudah yang ditawarkan dalam meracik Dalgona membuat para pecinta kopi mulai beralih meracik kopi ini selama karantina.

Padahal ada sejumlah resep kopi lainnya yang mudah dibuat selain dalgona. Anda cukup menyediakan bahan dasar yaitu kopi instan, gula, air panas, dan susu. Berikut 6 cara kreatif meracik kopi nikmat di rumah.

1. Coffee Jelly

Mungkin perpaduan kopi dan jelly terasa aneh dari rasa maupun tekstur. Namun nyatanya perpaduan keduanya menghasilkan minuman yang menyegarkan. Blogger Amerika-Korea Selatan, Lis Lam menyatakan membuat kopi jelly itu sangat mudah dan resep ini sudah ada sejak 1950.

Bahan yang dibutuhkan adalah susu, dicampur susu kental manis, dan jelly. Rasa manis kenyal dari jelly akan menaikkan cita rasa susu dan pahitnya kopi. Minuman ini cocok untuk menemani sarapan Anda.

2. Vietnamese Egg Coffee

Kopi Vietnam juga masuk jajaran kopi favorit. Kopi ini banyak dikonsumsi selama masa perang di negara tersebut dan berubah menjadi minuman favorit setelah perang selesai. Awalnya pencampuran telur dengan kopi terdengar tak mengesankan.

Namun nyatanya, pencampuran kopi dengan telur justru membuat minuman ini lebih manis dan lebih creamy.

Seperti dalgona, Anda perlu mencampurkan bahan-bahan ini dalam wadah yakni telur dan susu kental manis. Resep mudah ini dibuat dalam Amalida’s Ethnic Spoon dari Hanoi Chiang Café, yang membuatnya mulai 1946. Kafe tersebut juga masih beroperasi sampai sekarang.

3. Granita di Caffe con Panna

Penulis buku Italian Chef, Phil Torre menyatakan resep coffee granita sebenarnya menghasilkan kopi yang lebih segar ketimbang es kopi ataupun kopi panas.

“Di Sisilia, kopi granita ini dinikmati setiap pagi untuk sarapan. Namun minuman ini juga tetap nikmat dijadikan sebagai pencuci mulut,” ujar Phil. Dia menyebut perpaduan bahan untuk Kopi Granita ini sangat nikmat karena seimbang antara manis dan creamy sebagai kopi. Menu kopi granita ini tidak seperti es krim, sehingga Anda tak perlu cemas dengan krim es untuk membuatnya dingin, Rasa yang dihasilkan sudah manis dan tidak pahit.

4. Coffee Bean Cookies

Sebuah resep dari Vancouver Pigout ini bukan berbentuk minuman tetapi biskuit kopi. Anda bisa meraciknya dengan bubuk kopi. Pencampuran bahan tidak akan membuat biskuit kopi ini terlalu manis atau pahit. Biskuit ini cocok untuk teman minum kopi.

5. Boozy Flat White

Bagi beberapa orang saat melihat dalgona, ada yang bertanya bahwa apakah dalgona bisa ditambahkan dengan alkohol. Jenis kopi ini adalah resep yang mengombinasikan White Russian dan Espresso Martini. Resep ini lalu dibuat oleh Half Baked Harvest. Dengan tambahan vanilla dan kahlua pada bagian atas tatanan kopi bisa menciptakan whipped cream seperti dalgona.

6. Tiramisu Swiss Roll Cake

Salah satu resep terlezat meracik makanan dengan kopi adalah dari buku resep Izy Hossack yaitu membuat tiramisu swiss roll cake dengan kayu manis.

Jenis tiramisu swiss roll cake adalah jenis makanan yang biasanya dinikmati untuk pencuci mulut. Kue ini akan lebih nikmat jika membiarkannya sementara waktu agar campuran kopi lebih terserap dalam kue.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi kopi robusta
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top