Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno/Irwan^prayitno.com
Travel

23 Hotel Berbintang di Sumbar akan Tes Swab 1.073 Staf dan Manajemen

Dwi Nicken Tari
Selasa, 30 Juni 2020 - 16:40
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan tes swab Covid-19 secara massal kepada 1.073 staf dan manajemen di 23 hotel berbintang di Kota Padang pada awal pekan ini.

Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat, mengungkapkan tes swab Covid-19 kepada pelaku industri pariwisata merupakan upaya pemerintah untuk meyakinkan wisatawan agar kembali bertandang ke Ranah Minang.

"Pengambilan sampel swab ini agar memastikan pelaku pelayanan pariwisata kita negatif Covid-19 dan ini juga kita berlalukan bagi para wisatawan untuk dilakukan swab memastikan mereka negatif. Jika semua sehat silahkan menikmati semua keindahan alam, budaya, dan kuliner Sumbar yang enak," kata Irwan seperti dikutip dari keterangan resmi, Selasa (30/6/2020).

Dirinya melanjutkan dalam pelaksanaan tes swab massal kali ini, terdapat 1.073 orang yang diperiksa dari 23 hotel berbintang di Kota Padang.

Adapun, tingkat hunian hotel di ibukota Provinsi Sumatera Barat itu disebut Irwan mulai menggeliat hingga 50 kamar per hari. Sementara pada akhir pekan, keterisian kamar di hotel sudah bisa mencapai 80 kamar.

“Ini menandakan kegiatan wisata Sumbar pelan-pelan sudah berjalan. Sosialisasi dan promosi terus kira lakukan bersama Dinas Pariwisata Sumbar dan stakeholder terkait. Pariwisata Sumbar itu sehat dan selalu disiplin laksanakan protokol kesehatan," tukar Irwan.

General Manajer Pangeran Beach Hotel Soedjoko mengamini bahwa aktivitas wisata di Sumbar memperlihatkan prospek cerah pascapandemi Covid-19.

"Kami senang dan bangga akan kebijakan Pak Gubernur yang cukup cepat memberikan kepastian aktivitas perekonomian daerah. Kami merasa terbantu dan termotivasi juga bergerak cepat memberikan pelayan bagi tamu dan wisatawan yang berkunjung ke Sumbar," tutur Soedjoko.

Di Pangeran Beach Hotel, Soedjoko melanjutkan, tes swab baru dilakukan untuk hotel berbintang. Namun, untuk perhotelan secara umum akan dipertimbangkan untuk dilakukan tes swab massal ketika jumlah pengunjung memperlihatkan peningkatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro