Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Uji Coba New Normal, Pantai Parangtritis Diserbu 18.000 Turis

Objek wisata Pantai Paraingtritis di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, diserbu 18.505 pengunjung selama Sabtu-Senin 27-29 Juni 2020, kendati pembukaan Parangtritis masih dalam tahap uji coba new normal.
Jumali
Jumali - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  15:10 WIB
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mencoba tempat cuci tangan yang disediakan di kawasan Pantai Parangtritis, Sabtu (13/6/2020). - JIBI/Ujang Hasanudin
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mencoba tempat cuci tangan yang disediakan di kawasan Pantai Parangtritis, Sabtu (13/6/2020). - JIBI/Ujang Hasanudin

Bisnis.com, BANTUL -  Objek wisata Pantai Paraingtritis di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, diserbu 18.505 pengunjung selama Sabtu-Senin 27-29 Juni 2020, kendati pembukaan Parangtritis masih dalam tahap uji coba new normal.

Pemkab Bantul telah melakukan uji coba pembukaan Pantai Parangtritis Sabtu (27/6/2020) hingga Senin (29/6). Dari data yang ada, selama tiga hari ada 18.5050 wisatawan memadati pantai di pesisir selatan Pulau Jawa tersebut.

“Paling banyak memang hari Minggu (28/6/2020), di mana ada 11.700 wisatawan. Sedangkan Sabtu sekitar 4.805 wisatawan. Untuk hari ini sekitar 2.000 wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo, Senin (29/6/2020).

JIka ditotal jumlah wisawatan yang mengunjungi Pantai Parangtritis selama tiga hari uji coba tersebut adalah 18.505 orang. 

Kwintarto menambahkan, meski secara resmi belum membuka objek wisata, namun langkah uji coba ini dinilainya penting. Sebab, melalui uji coba ini pihaknya bisa memetakan kesiapan dari wisatawan menghadapi kondisi new normal di tempat wisata.

“Oleh karena itu, kami lakukan penarikan retribusi. Tujuannya, adalah mengetahui jumlah pengunjung dan sekaligus memetakan kesiapan mereka serta digunakan sebagai bahan sebelum rapat Forkominda, besok,” lanjut Kwintarto.

Dari hasil evaluasi sementara, menurut dia, sebagian besar wisatawan telah sadar menggunakan masker. Namun demikian, ada pula yang hanya sekadar membawa masker tapi tidak dipakai,

“Baru saat diingatkan petugas, mereka memakainya," ujarnya.

Oleh karena itu, ada rencana dari Dispar Bantul untuk memaksimalkan keberadaan petugas dan pengeras suara di kawasan pantai tersebut.

Selain itu, Kwintarto menilai, perlu adanya penambahan sekitar 12 petugas di kawasan Pantai Parangtritis yang bertugas mengecek suhu dan mengingatkan wisatawan terkait protokol kesehatan.

“Sementara untuk kepastian kapan dibuka, kami masih menunggu rapat Forkominda besok,” terang Kwintarto.

Selain Pantai Parangtritis, sejumlah objek wisata di Bantul juga telah menjalani uji coba. Salah satu adalah kawasan Hutan Mangunan.

Ketua Koperasi Notowono Mangunan, Dlingo Purwo Harsono mengatakan masih menunggu keterangan resmi dari dinas terkait dengan pembukaan objek wisata di tempatnya.

“Karena belum ada keputusan resmi. Sementara jika ada yang datang terpaksa tidak kami layani,” ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

objek wisata Parangtritis New Normal

Sumber : Harianjogja.com

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top