Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berburu Cokelat Lezat dari Penjuru Dunia

Bagi para pecinta cokelat, bisa menikmati cokelat dar berbagai negara di seluruh penjuru dunia.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  13:30 WIB
Cokelat dipadukan dengan strawberry - Istinewa
Cokelat dipadukan dengan strawberry - Istinewa

Bisnis.com, JAKARTA – Mengonsumsi cokelat bisa meningkatkan hormon kebahagiaan bagi orang yang  mengonsumsinya. Apakah Anda tahu bahwa tempat wisata cokelat di dunia?

Pada 7 Juli mendatang, dunia akan merayakan Chocolate Day atau Hari Cokelat Sedunia. Anda bisa menikmati cokelat lezat dari berbagai negara.

Dikutip dari Express, Senin (29/6/2020), ada beberapa tempat di dunia yang merupakan lokasi penanaman cokelat. Hasil produksi cokelat yang berkelimpahan pun menawarkan cita rasa cokelat terbaik di dunia.

Sejumlah lokasi ini pun menjadi destinasi wisata dunia bagi para pecinta cokelat di seluruh belahan dunia. Berikut sejumlah lokasi tersebut untuk Anda yang penasaran.

Seperti Grenada yang memiliki cokelat di sepanjang Pulau Karibia. Paparan matahari dan jenis tanah vulkanik membuat lokasi ini cocok untuk menanam pohon dan ragam komoditas pangan. Tak heran, jika lokasi ini pernah menjadi incaran tanah jajahan pemerintah kolonial untuk mengeksploitasi sumber dayanya.

Adapun Pemerintah Spanyol sebagai salah satu negara kolonial adalah yang pertama menanam kakao di Trinidad pada 1525. Ada akhir abad ke-16, akibat permintaan dari Eropa yang meningkat banyak golongan buruh Afrika bermigrasi ke Barat untuk bekerja di lahan perkebunan untuk mendorong produksi cokelat.

Saat ini cokelat produksi Grenada masih memimpin pasar cokelat dunia dengan cita rasanya yang nikmat. Pada 1999, Petani cokelat Organik dan Persatuan Produsen cokelat atau Chocolate Maker’s Cooperative terinspirasi dari orang Amerika, Mott Green, dan petani asal Grenada Doug Browne dan Edmond Brown.

Mereka mengubah aturan main dalam produksi cokelat dengan lebih banyak melibatkan masyarakat lokal. Perusahaan pun sukses dalam menjadikan pulau ini sebagai pusat cokelat dunia. Mereka juga berhasil memproduksi ragam bentuk dan jenis cokelat pada 2014 melalui Grenada Chocolate Festival yang berlangsung bulan Mei di St. George.

Saat berwisata di Grenada Chocolate Company dan toko-tokonya, Anda juga bisa belajar cara memproduksi cokelat dan juga membeli sejumlah hasil olahan cokelat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner cokelat
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top