Sup enoki pedas
Kuliner

Tips Mengolah Jamur Enoki Agar Lebih Aman dan Sehat

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Kamis, 25 Juni 2020 - 11:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda pecinta masakan Korea, wabah Listeria yang disebabkan oleh jamur enoki tentu membuat Anda khawatir mengonsumsinya.

Apalagi jika Anda sudah terbiasa memasak dan memakan jamur enoki sebagai cemilan di rumah.

Oleh sebab itu Anda harus mengubah pola makan dan cara penyimpanan jamur ini untuk menjamin higienitas dan bebas Listeria.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebelum mengonsumsi jamur enoki antara lain melakukan pembersihan lemari pendingin, cuci bekas wadah atau permukaan dengan air panas dan sabun.

Anda juga bersihkan wadah dengan larutan 1 sendok makan cairan pemutih per 1 liter air. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pembersihan dengan sabun dan air panas.

Dengan cara pengolahan tadi, mungkin saja Anda masih bisa mengonsumsi jamur ini dengan aman.

Jamur Enoki, dituding sebagai penyebab penyebaran wabah Listeria di Amerika Serikat yang menelan kematian 4 orang di Amerika Serikat, dan 2 orang ibu hamil yang keguguran.

Berdasarkan situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC) wabah Listeria memang berasal dari jamur impor asal Korea Selatan. Hasil investigasi CDC menyatakan, jamur ini dijual oleh beberapa perusahaan semisal; H&C Food Inc., Guan’s Mushroom Co., dan Sun Hong Foods. Jamur ini lalu dipasok oleh Korea Green Co.Ltd, sejak 23 November 2016 lalu hingga 13 Desember 2019.

Selain menelan korban 4 orang meninggal dunia, wabah ini masih mencatatkan ada 31 orang mendapat perawatan di rumah sakit di Amerika Serikat. Pasalnya ada 6 orang ibu hamil terinfeksi, dan 2 diantaranya keguguran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro