Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Mengolah Jamur Enoki Agar Lebih Aman dan Sehat

Berdasarkan situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC) wabah Listeria memang berasal dari jamur impor asal Korea Selatan.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  11:54 WIB
Sup enoki pedas
Sup enoki pedas

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda pecinta masakan Korea, wabah Listeria yang disebabkan oleh jamur enoki tentu membuat Anda khawatir mengonsumsinya.

Apalagi jika Anda sudah terbiasa memasak dan memakan jamur enoki sebagai cemilan di rumah.

Oleh sebab itu Anda harus mengubah pola makan dan cara penyimpanan jamur ini untuk menjamin higienitas dan bebas Listeria.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebelum mengonsumsi jamur enoki antara lain melakukan pembersihan lemari pendingin, cuci bekas wadah atau permukaan dengan air panas dan sabun.

Anda juga bersihkan wadah dengan larutan 1 sendok makan cairan pemutih per 1 liter air. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pembersihan dengan sabun dan air panas.

Dengan cara pengolahan tadi, mungkin saja Anda masih bisa mengonsumsi jamur ini dengan aman.

Jamur Enoki, dituding sebagai penyebab penyebaran wabah Listeria di Amerika Serikat yang menelan kematian 4 orang di Amerika Serikat, dan 2 orang ibu hamil yang keguguran.

Berdasarkan situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC) wabah Listeria memang berasal dari jamur impor asal Korea Selatan. Hasil investigasi CDC menyatakan, jamur ini dijual oleh beberapa perusahaan semisal; H&C Food Inc., Guan’s Mushroom Co., dan Sun Hong Foods. Jamur ini lalu dipasok oleh Korea Green Co.Ltd, sejak 23 November 2016 lalu hingga 13 Desember 2019.

Selain menelan korban 4 orang meninggal dunia, wabah ini masih mencatatkan ada 31 orang mendapat perawatan di rumah sakit di Amerika Serikat. Pasalnya ada 6 orang ibu hamil terinfeksi, dan 2 diantaranya keguguran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jamur Resep masakan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top