Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Disebut Sebabkan Wabah Listeria, Ini Fakta Jamur Enoki

Dikutip dari wikipedia, jamur Enoki adalah jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  08:41 WIB
Jamur enoki
Jamur enoki

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini muncul kabar jika jamur enoki bisa menyebabkan wabah listeria yang menyebabkan diare.

Padahal, jamur ini merupakan favorit bagi penggemar masakan suki ala Jepang.

Wabah listeria akibat jamur enoki merebak di Korea Selatan dan di AS. Badan pengawasan obat dan makanan di AS FDA mengatakan kasus yang terjadi di negara tersebut yakni Arizona (2), California (9), Florida (2), Hawaii (3), Indiana (1), Kentucky (1), Maryland (2), Massachusetts (2), Michigan (1) ), Missouri (1), New Jersey (1), New York (4), North Carolina (1), Rhode Island (1), Tennessee (1), Virginia (3), dan Washington (1).

Munculnya wabah itu berkisar antara 3 November 2016 hingga 13 Desember 2019. Kisaran usia pasien adalah kurang dari 1 hingga 96 tahun. Keempat kematian itu termasuk dua dari California, dan masing-masing satu dari Hawaii dan New Jersey. Enam kasus berhubungan dengan kehamilan, dengan dua berakhir dengan keguguran atau lahir mati.

Di luar dari wabah itu, apa sebenarnya jamur enoki?

Dikutip dari wikipedia, jamur Enoki adalah jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge.

Dikenal juga sebagai jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas.

Di wilayah dunia beriklim sejuk, jamur tumbuh di alam bebas pada suhu udara rendah mulai musim gugur hingga awal musim semi.

Jamur juga diketahui tumbuh di bawah salju.Jamur tumbuh di permukaan batang pohon Celtis sinensis (bahasa Jepang: Enoki) yang sudah melapuk, sehingga disebut Enokitake (jamur Enoki).

Jamur juga bisa tumbuh di permukaan batang kayu lapuk pohon-pohon berdaun lebar seperti Bebesaran dan Kesemek.

Jamur ini sering dianggap sebagai hama bagi beberapa produk pertanian.

Jamur ini banyak digunakan dalam berbagai masakan sup dalam Jepang, Korea, masakan Cina, dan Vietnam. Jamur mempunyai tekstur garing dan aroma yang segar. Bagian akar perlu dipotong sebelum digunakan dalam masakan. Jamur segar tahan disimpan di lemari es sampai satu minggu.

Jamur Enokitake sangat mudah dibudidayakan dan sudah dibudidayakan di Jepang sejak lebih dari 300 tahun yang lalu. Enokitake bisa ditanam sendiri di rumah asalkan suhu cukup sejuk. Di Cina, jamur ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati susah buang air besar.

Biasanya jamur ini digunakan dalam makanan – makanan yang berbau Asia.Jamur ini juga banyak digunakan sebagai bahan salad (di mana rasa terbaik dari jamur ini dapat dinikmati), sup dan juga sering digoreng bersama sayuran dan daging.

Jamur Enokitake mengandung banyak serat, protein dan beberapa vitamin seperti vitamin B, serta mineral.

Satu mangkuk jamur mentah diperkirakan dapat menyediakan 20 kalori. Jamur ini juga tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga dapat dijadikan pilihan bahan makanan untuk diet.

Jamur Enokitake juga mengandung senyawa flammulin yang merupakan senyawa anti kanker dan tumor, dapat menstimulasi sistem imun dan juga memiliki aktivitas anti viral dan anti bakteri.

Selain itu, dalam jamur ini juga terdapat senyawa lain yang berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan juga penurun kolestrol. Penelitian juga menginformasikan bahwa Enokitake berguna dalam perawatan lymphomia dan kanker prostat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wabah jamur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top