Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wow, Ini Manfaat Luar Biasa Dari Selasih

Selasih atau biji basil memiliki banyak khasiat seperti menurunkan gula darah hingga mencegah penyakit kanker.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 24 Juni 2020  |  20:02 WIB
Puding biji chia dengan susu kedelai. - Antara
Puding biji chia dengan susu kedelai. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Anda pernah memakan biji basil atau selasih bukan? Ternyata biji kecil berwarna hitam in memiliki banyak nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Selama ini, biji basil ternyata telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk pengobatan diare, maag, dispepsia, dan penyakit lainnya. Mereka juga digunakan sebagai diuretik, antispasmodik, lambung, dan antipiretik

Biji basil mengandung protein, lemak, serat, karbohidrat, air, dan abu. Mereka adalah sumber mineral yang baik seperti magnesium, besi, seng dan mangan. Selasih juga mengandung senyawa fenolik seperti rosmarinic, caftaric, caffeic, chicoric, p-hydroxybenzoic, p-coumaric, hingga asam protocatechuic.

Berikut manfaat selasih dilansir dari Boldsky:

1. Menurunkan berat badan

Selasih bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan, dengan memberikankenyang lebih lama dan memberikan rasa kenyang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien obesitas yang mengonsumsi 2 gram selasih dengan 240 ml air sebelum makan siang dan makan malam mengalami penurunan indeks massa tubuh (BMI) yang signifikan. Namun, ini terlihat di antara pengguna dosis tinggi yang mengonsumsi lebih dari 50 persen ekstrak.

2. Menurunkan gula darah

Selasih dianggap baik untuk pasien diabetes. Serat makanan larut hadir dalam basil membantu mengontrol kadar gula darah yang efektif untuk pasien dengan diabetes mellitus tipe 2. Konsumsi serat makanan larut juga mengurangi risiko terkena diabetes.

3. Mengurangi kadar kolesterol

Konsumsi selasih juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan serat di dalamnya dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Ini mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Meningkatkan level energi

Selasih adalah sumber zat besi yang baik, mineral penting yang dibutuhkan untuk produksi darah. Zat besi adalah komponen penting dari hemoglobin, suatu zat dalam sel darah merah (RBC) yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan membantu dalam menyediakan energi bagi tubuh. Kekurangan zat besi dalam tubuh menyebabkan kelelahan dan lekas marah

5. Mendukung kesehatan tulang

Magnesium yang ditemukan dalam basil berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Peningkatan asupan magnesium telah terbukti meningkatkan kepadatan mineral tulang dan membantu mencegah timbulnya osteoporosis

6. Mengobati flu biasa

Kehadiran seng dalam basil dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengobati flu biasa. Ini dapat menurunkan durasi dan tingkat keparahan gejala pilek dengan bertindak sebagai zat pada saraf trigeminal.

7. Meningkatkan fungsi otak

Selasih mengandung mangan, mineral penting yang dibutuhkan untuk fungsi otak yang sehat. Ini mengikat neurotransmiter dan memicu pergerakan impuls listrik ke seluruh tubuh, menghasilkan fungsi otak yang tepat.

8. Membantu pencernaan

Ketika selasih direndam dalam air, maka akan membengkak dan menghasilkan massa agar-agar karena lapisan polisakarida hadir di dinding epidermis luar biji. Zat ini agar-agar dan keberadaan serat makanan dalam basil telah terbukti membantu dalam proses pencernaan

9. Menurunkan tekanan darah

Selasih bertindak sebagai diuretik, mereka dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan membuang kelebihan garam dan air keluar dari tubuh. Diuretik juga membantu relaksasi dan pelebaran dinding pembuluh darah yang memudahkan darah mengalir.

10. Meredakan kram perut

Biji basil memiliki sifat antispasmodik yang bekerja dengan memperlambat gerakan alami usus dan melemaskan otot-otot halus di perut dan usus. Ini membantu meredakan kram perut.

11. Menurunkan risiko kanker

Aktivitas anti kanker ekstrak biji basil telah dipelajari. Ekstrak basil telah terbukti memiliki efek sitotoksik pada garis sel osteosarkoma manusia (MG63). Konsumsi biji selasih dapat menyebabkan sel kanker ini mati

12. Mencegah penyakit penyebab bakteri

Aktivitas antimikroba dari ekstrak biji basil memiliki kemampuan ampuh untuk menghentikan semua jenis patogen termasuk pseudomonas aeruginosa, sejenis bakteri yang menyebabkan infeksi pada manusia.

13. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Selasih mengandung sejumlah besar protein, zat besi, seng dan magnesium yang membuat rambut berkilau dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Aktivitas antioksidan dari biji membantu dalam merangsang pertumbuhan sel-sel baru, sehingga meningkatkan kesehatan kulit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner makanan sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top