Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menghadirkan Masakan Michelin Star Ala Chef Terkenal Dunia di Rumah

Berikut ragam jenis dan resep masakan rumahan yang sangat mudah dari para chef terkenal di dunia.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 23 Juni 2020  |  15:59 WIB
Saus marinara ala Gordon Ramsay
Saus marinara ala Gordon Ramsay

Bisnis.com, JAKARTA – Michelin Guide sudah dikenal punya referensi kuliner dunia yang sangat lezat.

Selama masa pandemi Covid-19, kita mungkin sudah lama tidak bisa menyambangi restoran atau kafe yang punya masakan kelas dunia.

Padahal Michelin-Star Guide menjadi salah satu panduan kelas dunia bagi industri kuliner dalam berkreasi dan memajukan resep masakan. Bahkan, Michelin Guide juga membantu untuk merenovasi dapur dengan memiliki teknologi dan alat masak yang berkembang agar menghasilkan masakan lezat sesuai kebutuhan konsumen.

Dikutip dari Insider, Selasa (23/6/2020), kondisi ini membuat banyak orang mulai mengakses sendiri resep para chef dunia dan mempraktikkannya dalam dapur masing-masing. Berikut ragam jenis dan resep masakan rumahan yang sangat mudah dari para chef terkenal di dunia.

1. Pasta Saus Marinara ala Chef Gordon Ramsay

Anda bisa dengan mudah mengakselerasi masakan pasta untuk makan malem dengan panduan resep dari Masterchef Gordon Ramsay. Bahan yang dibutuhkan untuk resep pasta saus marinara ini hanya tomat, bawang bombai, anggur merah, minyak zaitun, saus tomat, bawang putih, dan kemangi. Chef Ramsay juga punya beberapa tips jika Anda melupakan salah satu dari bahan baku.

“Jika Anda tak punya bawang putih atau kemangi, coba cari bumbu dapur lain. Secara umum, Anda bisa memanfaatkan bumbu yang sama ketika membuat pizza, dengan seledri, bubuk bawang putih, bubuk bawang bombai, atau oregano.

2. Kue Bolu Jeruk ala Chef Jacques Faussat

Chef asal Prancis ini punya resep mudah hanya dengan tiga langkah dalam membuat kue bolu jeruk. Ada tujuh bahan baku yang dibutuhkan yakni; tepung gula, margarin, telur, dan baking powder, lalu satu buah jeruk, dam tepung serba guna. Jika Anda pun ingin memberikan rasa tambahan dalam kue bolu itu, Chef Faussat menyarankan Anda bisa menambahkan sari jus jeruk.

3. Sup kacang hijau ala Chef Emma Bengtsson

Emma Bengtsson selaku Executive Chef di restoran Aquavit, New York, Amerika Serikat ini punya resep sempurna untuk membuat sup kacang yang menyegarkan.

Semangkuk sop kacang ini membutuhkan ragam sayuran seperti wortel, kacang hijau, bawang putih, dan daging sapi panggang.

4. Pad Thai Fai Ta Lu, Makanan Khas Thailand ala Chef Andy Yang

Sebuah restoran di Bangkok milik Chef Andy Yang menyajikan masakan khas Thailand yakni Pad Thai Fai Ta Lu. Masakan ini terdiri dari nasi, mie, tahu, toge, dengan saus asam dan sari jeruk nipis.

5. Daging Thitid Tassanakajoh, Masakan Khas Thailand ala Chef Tonn

Masakan ini terbuat dari daging sapi dan merupakan salah satu masakan terkenal di Asia Tenggara. Chef Tonn memiliki resep ini dengan saus oyster, saus ikan, saus kacang, dan cabai merha. Masakan ini hanya punya dua langkah saja. Chef Tonn juga memperbolehkan jika daging sapi diganti dengan daging babi, tahu, daging ayam, atau udang.

6. Chocolate Cake ala Chef Jean Sulpice

Salah satu chef termuda di Prancis, Chef Jean Sulpice yang sudah meraih Michelin Star ini punya resep makanan penutup sederhana, yakni chocolate cake. Resep masakan ini hanya punya dua langkah saja dengan bahan baku utama dark chocolate.

“Jika Anda mau menambah cita rasa chocolate cakenya, Anda bisa menambahkan coklat sebagai riasan kue,” sambung Jean.

7. Strawberry Charlotte Cake ala Chef Christophe Hay

Strawberry Charlotte Cake adalah salah satu makanan penutup yang populer bagi orang Prancis. Menurut Michelin Guide, masakan ini mudah dibuat dengan riasan yang memikat mata penikmatnya. Ada beberapa bahan untuk membuat kue ini yakni buah strawberry, biskuit, yoghurt, dan lemon. Chef Christophe Hay menyarankan selain strawberry, jenis masakan ini bisa dimodifikasi dengan ragam buah lain seperti manga, apel, dan raspberry.

8. Shakshuka ala Chef Julia Komp

Shakshuka adalah masakan khas Timur Tegah dan Afrika Utara. Masakan ini sudah mendunia di berbagai restoran dalam beberapa tahun terakhir. Chef Juli membuat masakan telur ini dengan tambahan beberapa cita rasa seperti lada, cabai, jinten, paprika yang terkaramelisasi atau dipanggang, dan keju. Masakan ini sangat disarankan sebagai menu sarapan karena kaya nutrisi.

9. Crepes Kentang ala Chef George Blanc

Chef George Blanc yang sudah punya tiga restoran berlabel Michelin Stars ini punya resep membuat Vonnassiennes Crepes dari kentang. Crepes yang umumnya manis atau asin, menurut Michelin Guide tidak punya batasan kreasi cita rasa. Oleh sebab itu, anda bisa menambahkan ragam bahan lain dalam crepes yakni kentang, telur, tepung, susu, dan cream, garam, lada, dan margarin.

10. Ayam Panggang Jagung ala Chef Aurelien Braguier

Salah satu masakan khas Prancis adalah ayam panggang jagung dengan bawang putih dan daun thyme yang menambah cita rasa. Ayam ini biasanya dimakan dengan kentang, dan sop asparagus jamur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chef Resep masakan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top