Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lion Air Adakan Jaga Jarak Fisik di Dalam Pesawat, Ini Skemanya

Lion Air Group melakukan pengaturan jarak di dalam pesawat untuk mencegah penularan virus corona.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 17 Juni 2020  |  18:14 WIB
Lion Air menerapkan kebijakan jaga jarak saat di pesawat saat new normal. - istimewa
Lion Air menerapkan kebijakan jaga jarak saat di pesawat saat new normal. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Lion Air Group memberlakukan pengaturan sistem jarak aman atau physical distancing di dalam kabin pesawat demi mencegah penyebaran virus Corona baru atau Covid-19 pada kenormalan baru.

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, mengungkapkan sistem pengaturan jarak aman dilaksanakan melalui penyesuaian jumlah kursi berdasarkan tipe pesawat yang dioperasikan.

“Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” katanya dalam siaran pers pada Rabu (17/6/2020).

Dia menjelaskan prioritas pengaturan penumpang sesuai protokol kesehatan dengan konfigurasi tempat duduk dan pengaturan kursi penumpang, yakni, pertama, baris kursi bagian depan adalah penumpang grup (booking group) dan penumpang yang memiliki uji kesehatan PCR/Swab Covid-19 dengan hasil negatif.

Kedua, baris kursi berikutnya akan disesuaikan, dengan demikian penumpang akan duduk di dekat jendela (window) dan lorong (aisle).

Ketiga, tetap mematuhi protokol kesehatan dan menyediakan kursi baris paling belakang yang diperuntukan sebagai area karantina bagi penumpang yang membutuhkan penanganan khusus termasuk terindikasi bergejala Covid-19.

Dalam mengakomodir dan upaya penerapan secara sistematis, dia melanjutkan Lion Air Group mengatur sistem pada fasilitas layanan pelaporan (check-in).

Dia menambahkan dengan akan ada jarak aman antarpenumpang saat duduk di dalam pesawat dengan pengaturan tersebut. Awak kabin (flight attendant) dan petugas layanan darat (ground handling) tetap akan membantu teknis pengaturan jarak ketika berada di kabin pesawat.

Untuk alasan keselamatan dan keseimbangan (weight balance) pesawat udara saat lepas landas dan mendarat, dia menuturkan penumpang dapat dipindahkan sesuai instruksi petugas darat atau awak kabin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat lion air Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top