Planet Mars/telegraph.co.uk
Travel

Traveling Masa Depan, 8 Wisata di Mars Yang Bisa Jadi Pilihan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 15 Juni 2020 - 10:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diramalkan, di masa mendatang, planet Mars bisa menjadi planet hunian kedua setelah bumi.

Banyak penelitian menunjukkan kehidupan di mars mendukung aktivitas manusia layaknya di bumi.

Bahkan, ke depannya, diperkirakan akan banyak manusia berkunjung ke planet tersebut semisal untuk liburan.

Mars adalah planet yang sangat kontras - gunung berapi besar, ngarai yang dalam, dan kawah yang mungkin menampung air mengalir.

Ini akan menjadi lokasi yang luar biasa untuk dijelajahi para wisatawan di masa depan, begitu kita menggerakkan koloni Planet Merah pertama.

Situs pendaratan untuk misi masa depan ini mungkin perlu dataran datar untuk alasan keamanan dan praktis, tapi mungkin mereka bisa mendarat dalam beberapa hari perjalanan dengan geologi yang lebih menarik.

Dikutip dari space.com, berikut 8 destinasi wisata di Mars yang bisa jadi pilihan traveling masa depan :

Olympus Mons 

Traveling Masa Depan, 8 Wisata di Mars Yang Bisa Jadi Pilihan

Olympus Mons adalah gunung berapi paling ekstrem di tata surya. Terletak di wilayah vulkanik Tharsis, ukurannya hampir sama dengan negara bagian Arizona, menurut NASA.

Tingginya 16 mil (25 kilometer) membuatnya hampir tiga kali ketinggian Gunung Everest Bumi, yang tingginya sekitar 5,5 mil (8,9 km).

Olympus Mons adalah gunung api perisai raksasa, yang terbentuk setelah lava perlahan merangkak menuruni lerengnya. Ini berarti bahwa gunung itu mungkin mudah untuk didaki para penjelajah di masa depan, karena rata-rata kemiringannya hanya 5 persen.

Pada puncaknya adalah depresi spektakuler sekitar 53 mil (85 km) lebar, dibentuk oleh ruang magma yang kehilangan lava (kemungkinan selama letusan) dan runtuh.

Gunung berapi Tharsis

Traveling Masa Depan, 8 Wisata di Mars Yang Bisa Jadi Pilihan

Saat Anda mendaki Olympus Mons, ada baiknya Anda tetap melihat-lihat gunung berapi lain di wilayah Tharsis.

Tharsis memiliki 12 gunung berapi raksasa di zona seluas kurang lebih 2500 mil (4000 km), menurut NASA. Seperti Olympus Mons, gunung berapi ini cenderung jauh lebih besar daripada yang ada di Bumi, mungkin karena Mars memiliki tarikan gravitasi yang lebih lemah yang memungkinkan gunung berapi tumbuh lebih tinggi. Gunung berapi ini mungkin telah meletus selama dua miliar tahun, atau setengah dari sejarah Mars.

Gambar di sini menunjukkan wilayah Tharsis timur, seperti yang dicitrakan oleh Viking 1 pada tahun 1980. Di sebelah kiri, dari atas ke bawah, Anda dapat melihat tiga gunung berapi perisai yang tingginya kira-kira 25 km: Ascraeus Mons, Pavonis Mons, dan Arsia Mons.

Di kanan atas adalah gunung berapi perisai lain yang disebut Tharsis Tholus. 

Valles Marineris

Traveling Masa Depan, 8 Wisata di Mars Yang Bisa Jadi Pilihan

Mars tidak hanya menjadi tuan rumah gunung berapi terbesar di tata surya, tetapi juga ngarai terbesar. Valles Marineris panjangnya sekitar 1.850 mil (3000 km), menurut NASA. Itu sekitar empat kali lebih lama dari Grand Canyon, yang memiliki panjang sekitar 500 mil (800 km).

Para peneliti tidak yakin bagaimana Valles Marineris muncul, tetapi ada beberapa teori tentang pembentukannya. Banyak ilmuwan berpendapat bahwa ketika wilayah Tharsis terbentuk, ia berkontribusi pada pertumbuhan Valles Marineris.

Lava bergerak melalui daerah vulkanik mendorong kerak ke atas, yang memecah kerak menjadi patah di daerah lain. Seiring waktu, fraktur ini tumbuh menjadi Valles Marineris.

Kutub Utara dan Selatan Poles Utara dan Selatan

Traveling Masa Depan, 8 Wisata di Mars Yang Bisa Jadi Pilihan

Mars memiliki dua daerah es di kutubnya, dengan komposisi yang sedikit berbeda; kutub utara (foto) dipelajari dari dekat oleh pendarat Phoenix pada 2008, sedangkan pengamatan kutub selatan kami berasal dari pengorbit.

Selama musim dingin, menurut NASA, suhu di dekat kutub utara dan selatan sangat dingin sehingga karbon dioksida mengembun dari atmosfer menjadi es, di permukaan. Prosesnya terbalik di musim panas, ketika karbon dioksida menyublimasikan kembali ke atmosfer.

Karbon dioksida benar-benar menghilang di belahan bumi utara, meninggalkan lapisan es air. Tetapi beberapa es karbon dioksida tetap berada di atmosfer selatan. Semua pergerakan es ini memiliki efek luas pada iklim Mars, menghasilkan angin dan efek lainnya. 

Kawah Gale dan Gunung Tajam (Aeolis Mons)

Traveling Masa Depan, 8 Wisata di Mars Yang Bisa Jadi Pilihan

ASU Menjadi terkenal dengan pendaratan penjelajah Curiosity pada tahun 2012, Gale Crater adalah tuan rumah bagi banyak bukti air masa lalu. Keingintahuan menemukan streambed dalam beberapa minggu pendaratan, dan menemukan bukti air yang lebih luas sepanjang perjalanannya di sepanjang lantai kawah. Keingintahuan sekarang meringkas gunung berapi di dekatnya yang disebut Gunung Sharp (Aeolis Mons) dan melihat fitur geologis di setiap strata-nya.

Salah satu penemuan Curiosity yang lebih menarik adalah menemukan molekul organik yang kompleks di wilayah tersebut, pada beberapa kesempatan. Hasil dari 2018 mengumumkan organik ini ditemukan di dalam batuan berumur 3,5 miliar tahun.

Bersamaan dengan hasil organik, para peneliti mengumumkan bajak juga menemukan konsentrasi metana di atmosfer berubah selama musim. Metana adalah elemen yang dapat diproduksi oleh mikroba, serta fenomena geologis, jadi tidak jelas apakah itu pertanda kehidupan. 

Medusae Fossae

Traveling Masa Depan, 8 Wisata di Mars Yang Bisa Jadi Pilihan

Medusae Fossae adalah salah satu lokasi paling aneh di Mars, dengan beberapa orang bahkan berspekulasi bahwa itu memegang bukti semacam kecelakaan UFO. Penjelasan yang lebih mungkin adalah itu adalah deposit vulkanik yang sangat besar, sekitar seperlima dari ukuran Amerika Serikat.

Seiring waktu, angin memahat bebatuan menjadi beberapa formasi yang indah. Tetapi para peneliti akan membutuhkan lebih banyak studi untuk mempelajari bagaimana gunung berapi ini membentuk Medusae Fossae.

Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa formasi itu mungkin terbentuk dari letusan gunung berapi yang sangat besar yang terjadi ratusan kali selama 500 juta tahun. Letusan ini akan menghangatkan iklim Planet Merah saat gas rumah kaca dari gunung berapi melayang ke atmosfer.

Lineae Lereng Berulang di Kawah Hale 

Traveling Masa Depan, 8 Wisata di Mars Yang Bisa Jadi Pilihan

Arizona Mars adalah tuan rumah untuk fitur aneh yang disebut lineae kemiringan berulang, yang cenderung terbentuk di sisi kawah curam selama cuaca hangat. Sulit untuk mengetahui apa RSL ini. Gambar yang ditunjukkan di sini dari Kawah Hale (dan juga lokasi lainnya) menunjukkan tempat-tempat di mana spektroskopi menangkap tanda-tanda hidrasi.

Pada 2015, NASA awalnya mengumumkan bahwa garam terhidrasi harus menjadi tanda air mengalir di permukaan, tetapi penelitian selanjutnya mengatakan RSL dapat dibentuk dari air atmosferik atau aliran pasir kering. Pada kenyataannya, kita mungkin harus mendekati ini. RSL untuk melihat apa sifat asli mereka. Tetapi ada kesulitan - jika RSL memang menampung mikroba asing, kami tidak ingin terlalu dekat jika terjadi kontaminasi.

Sementara NASA menemukan cara untuk menyelidiki di bawah protokol perlindungan planetnya, penjelajah manusia di masa depan mungkin harus mengagumi fitur-fitur misterius ini dari jauh, menggunakan teropong. Iklan 'Ghost Dunes' di Noctis Labyrinthus dan Hellas basin.

Labyrinthus dan Hellas

Traveling Masa Depan, 8 Wisata di Mars Yang Bisa Jadi Pilihan

Mars adalah planet yang sebagian besar dibentuk oleh angin akhir-akhir ini, karena air menguap saat atmosfernya menipis. Tetapi kita dapat melihat bukti luas dari air masa lalu, seperti daerah "bukit hantu" yang ditemukan di Noctis Labyrinthus dan cekungan Hellas.

Para peneliti mengatakan daerah ini digunakan untuk menahan bukit pasir setinggi puluhan meter. Kemudian, bukit pasir dibanjiri oleh lava atau air, yang melestarikan basis mereka sementara puncaknya terkikis.

Bukit pasir tua seperti ini menunjukkan bagaimana angin biasa mengalir di Mars purba, yang pada gilirannya memberi petunjuk kepada ahli iklim tentang lingkungan kuno Planet Merah. Dalam twist yang bahkan lebih menarik, mungkin ada mikroba bersembunyi di daerah terlindung bukit pasir ini, aman dari radiasi dan angin yang kalau tidak akan menyapu mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro