Petugas pintu masuk kawasan wisata Ancol tengah menggunakan hand sanitezer sebagai upaya pencegahan virus corona, Rabu (4/3/2020). Selain di area pintu masuk, hand sanitezer juga disediakan di sejumlah titik area wisata./istimewa
Travel

Ini Persiapan Ancol Hadapi New Normal

Novita Sari Simamora
Kamis, 11 Juni 2020 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Taman Impian Jaya Ancol tengah bersiap untuk beroperasi kembali dalam new normal (normal baru) pada Sabtu (20/6/2020).

Teuku Sahir Syahali, selaku Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol menyampaikan bahwa Ancol akan dibuka kembali pada Sabtu, 20 Juni 2020. Dalam proses operasionalnya akan diterapkan sejumlah prosedur dan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Selain itu, manajemen Ancol juga memberikan harga diskon khusus selama periode bulan Juni 2020 yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Peraturan baru telah disiapkan dan akan diterapkan agar semua pihak dapat menjalankan aktivitas liburannya dengan aman dan nyaman. Peraturan tersebut bernama #SSBB atau Senang Selamat Bareng Bareng.

Dia mengungkapkan seluruh orang yang menjadi bagian kawasan wisata, baik pengunjung, karyawan, petugas serta mitra memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan satu sama lain demi kebaikan bersama.

"Beberapa hal penting yang perlu diketahui dari #SSBB Ancol saat nanti akan beroperasi kembali antara lain adalah Manajemen akan memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung (sebanyak 50 persen dari kapasitas normal)," tulisnya dalam keterangan resmi, Kamis (11/6/2020).

Teuku mengungkapkan bahwa manajemen Ancol juga tidak memperbolehkan anak dibawah 5 tahun, ibu hamil, dan lansia (usia 50 tahun dan di atasnya) rekreasi di Ancol. Hal ini sesuai dengan anjuran Pemerintah untuk area wisata.

Ancol juga menerapkan kebijakan pembayaran non tunai (cashless) dalam bertransaksi dan juga tidak ada penjualan tiket di loket sehingga pengunjung wajib membeli tiket secara daring/ online mulai 13 Juni 2020. Pembelian tiket dapat dilakukan melalui www.ancol.com ataupun mitra penjualan tiket resmi yang bekerjasama dengan Ancol.

Pengunjung pun wajib melakukan reservasi sebelum berkunjung ke Ancol. Khusus pengunjung yang membeli tiket di website Ancol, tanggal kedatangan sudah dapat dipilih sejak pembelian tiket.

Protokol kesehatan juga akan tetap dijalankan seperti pemeriksaan suhu tubuh di Pintu Gerbang Ancol dan unit rekreasi. Batas suhu maksimal yang ditetapkan adalah 37,3 derajat celcius.

"Jika ada pengunjung yang melewati batas tersebut, maka tidak dapat memasuki kawasan Ancol. Penggunaan masker yang menutup hidung dan mulut merupakan hal wajib. Pengaturan jaga jarak fisik juga diberlakukan di semua area dengan jarak 1,5 - 2 meter," ungkapnya.

Selama masa transisi ini pun Manajemen akan memberlakukan penyesuaian kegiatan operasional. Unit rekreasi juga akan dilakukan pembukaan secara bertahap, yang akan dibuka terlebih dahulu adalah kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta restoran yang berada di dalam kawasan Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort.

Sementara untuk unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya.

Terdapat juga penyesuaian jam operasional yaitu sebagai berikut; pintu gerbang utama dan kawasan pantai dibuka mulai pukul 06.00 – 20.00 WIB, Dunia Fantasi dibuka mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB, Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol dibuka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Jam operasional ini berlaku Senin sampai Minggu dan juga hari Libur Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro