Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

6 Resep Masakan Mudah dari Chef Michelin-Star

Mencoba berbagai jenis resep dan variasi masakan baru selama pandemi virus corona, bisa menciptakan kepuasan bagi diri sendiri.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 09 Juni 2020  |  16:36 WIB
Aneka menu ramen - Antara
Aneka menu ramen - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Ada waktunya Anda merasa puas seharian di dapur saat berada di rumah dan mencoba ragam jenis masakan.

Dikutip dari Insider, Selasa (9/6/2020), ada 6 resep mudah masakan dengan durasi pembuatan hanya 30 menit. Inilah 6 menu mudah dari sejumlah chef kelas dunia yang dikutip oleh Insider:

1. Spaghetti Aglio e Olio

Chef David Shim dari Cote di Manhattan membagikan resep saat dia membuat spaghetti saat berada di rumah.

“Saya sangat senang kalau di rumah bisa membuat spaghetti ini hanya 15 menit,” tuturnya. Dia menilai spaghetti adalah salah satu masakan mudah karena tak membutuhkan waktu terlalu banyak untuk mempersiapkan masakan ini. Apalagi bahan utama yang paling penting adalah bawang putih dan minyak zaitun atau olive oil. Bahan lain yang digunakan misalnya paprika, peterseli, dan keju.

Pembuatan spaghetti juga punya tahap yang sedikit karena dalam waktu bersamaan Anda bisa merebus spaghetti dan mengolah saus pada alat masak lain. Jangan lupa tambahan paprika dan keju masukkan ke dalam campuran sausnya.

2. Ramen

Tak hanya spaghetti, Chef David juga menyatakan untuk makan malam yang mudah dan nikmat di rumah, dia paling gemar memasak ramen. Salah satu tips penting dari David dalam memasak ramen adalah jangan menggunakan mie instan.

David menyebutkan untuk mendapatkan ramen berkualitas bagus bahan dapat ditemukan di pasar swalayan. Salah satu jenis ramen andalan Chef Shim adalah Shin Ramyun dari Korea Selatan.

“Saya bisa membuat ragam variasi ramen dari ramen Shin ini. Kadang dengan bermodalkan miso, saya bisa mencampurkan pasta misonya ke dalam ramen. Jika saya punya dumpling beku, juga bisa saya campurkan ke dalamnya,” jelas David Shim.

3. Okonomiyaki

Masakan asal Jepang ini sangat mudah dibuat seperti halnya membuat pancake. Chef Josh Emett dari Selandia Baru menjelaskan, dia gemar membuat okonomiyaki selama masa karantina dengan keluarga.

“Anda bisa menambahkan sayuran dalam masakan ini,” jelas Josh. Dia juga menyebut membuat okonomiyaki yang kaya sayuran relatif lebih murah dibandingkan dengan seafood.

Untuk membuat adonan ini Anda membutuhkan tepung, telur, dan air, tambahkan bawang putih, jahe, paprika, sebagai penguat rasa. Chef Josh juga merekomendasikan untuk menambahkan ekstra tepung jagung yang dicampur untuk membuat kulit okonomiyaki lebih krispi.

Kadang Chef Josh Emett pun tak ragu menambahkan kembang kol wortel, bawang merah, dan udang cincang. Dia juga menyarankan tak masalah jika Anda mau berinovasi degan menambahkan keju, mie, dan telur lebih banyak.

Saus untuk menemani okonomiyaki umumnya adalah mayonnaise dan okonomiyaki sauce. Namun jika tak punya, Anda bisa menggantinya dengan saus barbeque.

4. Kimchi

Pemilik restoran dan chef di Kali Restaurant, Los Angeles, Amerika Serikat, Chef Kevin Meehan menyatakan sangat suka membuat kimchi dengan nasi goreng saat berada di rumah. Selama proses memasak nasi, Chef Meehan akan mengambil telur dan dikocok terpisah di luar adonan nasi.

Kocok telur dengan saus kacang. Dia juga tidak menambahkan bawang wortel, dan nasi di luar adonan nasi yang sedang dimasak agar menjadi krispi. Setelah nasi matang barulah nasi goreng dicampur kimchi, saus, dan telur, tak lupa sedikit jeruk lemon.

5. Yakitori

Selain masakan Korea Selatan, Chef Meehan juga suka masakan Jepang, Yakitori yang bisa dilakukan dengan memanggang. Untuk membuatnya, Meehan menusuk ayam dan bawang putih dan rempah lainnya. Dengan bentuk seperti sate dia lalu memanggangnya bersamaan. Biasanya Chef Meehan memasak yakitori ini dan disajikan dengan nasi hangat.

6. Risotto

Pemilik Acquerello di San Fransisco, Suzette Gresham mengaku senang memasak risotto untuk makan malam. Chef Gresham membuat risotto dengan bawang, jamur, keju selama masa karantina. Dia mengatakan jangan takut pula berinovasi lewat bumbu dan jangan lupa menambahkan margarin dan keju di atas risotto yang telah matang. Beberapa kombinasi lain untuk risotto yang kaya cita rasa adalah dengan menambahkan tomat, wine, rempah-rempah, dan seafood.

Demikian 6 resep masakan mudah dibuat di rumah dari para chef kelas dunia. Selamat mencoba!

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chef masakan Resep kue Resep masakan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top