Virtual travel
Travel

Virtual Tour, Jadi Pilihan Wisata di Era New Normal

Dewi Andriani
Jumat, 5 Juni 2020 - 19:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu hal yang paling dirindukan masyarakat selama masa pandemi Covid-19 ini adalah berwisata menjelajahi berbagai lokasi wisata karena adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan lockdown di sejumlah Negara.

Namun kini masyarakat dapat memenuhi kebutuhan wisata tersebut melalui inisiatif virtual tour yang diluncurkan oleh Blibli.com melalui kategori tour and travel sejak 1 Juni 2020. Melalui inisiatif jalan-jalan virtual tersebut, para traveler dapat melakukan jalan-jalan virtual ke berbagai destinasi favorit di Indonesia maupun mancanegara.

Dengan mengadopsi teknologi, para pelaku industri pariwisata dapat menciptakan dan menggunakan peluang baru untuk melayani pelanggan yang ingin menjalankan berbagai aktivitas walau di tengah protokol kesehatan dan sanitasi yang baru.

Theresia Magdalena, VP of Blibli Tour & Travel Category mengatakan, virtual tour ini merupakan salah satu bentuk dukungan Blibli terhadap transformasi digital di industri pariwisata dalam menghadapi era new normal.

“Melalui Virtual Tour, pelaku industri pariwisata, khususnya para travel agent dan tour guide, dapat menjalankan roda bisnis meskipun di tengah pandemi. Selain itu, kami ingin mengobati kerinduan berwisata para pelanggan yang kini dapat dilakukan secara remotely melalui wisata virtual,” ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Jumat (5/6/2020).

Dalam virtual tour ini, para tour guide akan berkeliling di sekitar obyek wisata dan perjalanannya disiarkan secara live streaming melalui video conference. Sambil berwisata virtual, para tour guide akan memberikan penjelasan mengenai sejarah dan keunikan destinasi wisata tersebut. Tujuannya untuk tetap mengangkat industri pariwisata dan destinasi-destinasi lokal serta internasional di era new normal ini.

“Meskipun dilakukan secara virtual, Blibli tetap ingin para pelanggan dapat mengintip lebih dekat bangunan bersejarah, memahami kebudayaan lokal, serta merasakan keindahan destinasi-destinasi wisata tersebut,” tambahnya.

Sebagai tahap awal, Blibli mengangkat destinasi Jam Gadang di Bukittinggi, Padang. Selanjutnya, Blibli akan menghadirkan perjalanan virtual ke Lawang Sewu, Semarang. Tidak terbatas pada obyek wisata domestik, Blibli juga akan menghadirkan pengalaman perjalanan virtual ke destinasi internasional yang populer, termasuk Korea, China, dan Eropa.

Program Virtual Tour ini didukung oleh berbagai travel agent ternama, termasuk ONTA (Online Travel Assistance) - KongkoWisata, PT Kereta Api Pariwisata – KA Wisata, dan GOCHINA.

Untuk dapat menikmati perjalanan virtual selama 60 menit via video conference, konsumen bisa mendapatkannya dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp25.000 - Rp30.000 untuk perjalanan virtual domestik dan Rp 50.000 - Rp 150.000 untuk destinasi internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro