Wisatawan mengunjungi objek wisata Puncak Batara Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Jumat (25/8)./ANTARA-Hendra Nurdiyansyah
Travel

Wisata Alam Paling Banyak Diburu Saat PSBB Longgar

Desyinta Nuraini
Kamis, 4 Juni 2020 - 19:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wisata alam diprediksi akan menjadi pilihan utama masyarakat untuk berlibur ketika ada relaksasi di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

"Di tahap awal recovery ini, kejenuhan akibat di rumah saja akan mendorong orang jalan-jalan keluar rumah untuk sekedar menikmati udara segar dan keindahan alam," ujar Duma Asianna, GM Business Strategy Management HIS Travel Indonesia dalam keterangannya, Kamis (4/6/2020).
 
Dia menerangkan wisata alam sudah pasti menjadi pilihan utama karena alam memberikan manfaat yang besar dengan risiko rendah terhadap kesehatan, apalagi jika diimbangi dengan aktivitas yang membangun kebugaran tubuh seperti yoga, hiking, dan menikmati agrowisata. Di samping itu, berlibur di alam juga bisa memberikan keleluasaan untuk menjaga jarak fisik dengan wisatawan lain.

Namun demikian, wisata alam yang dipilih masyarakat tetap mempertimbangkan faktor jarak dari rumah. "Wisatawan akan terlebih dahulu memilih liburan dengan jarak dekat di kawasan yang tidak jauh dari tempat tinggalnya atau sering kita sebut staycation. Sehingga, masyarakat akan memilih jalan ke pantai, puncak atau pegunungan secara road trip," beber Duma.
 
Road trip adalah istilah untuk perjalanan liburan yang dilakukan dengan mengendarai mobil. Menggunakan transportasi umum masih dianggap terlalu berisiko terhadap kesehatan, sehingga pilihan utamanya adalah dengan mobil pribadi.
  
Meskipun pandangan umum mengatakan berlibur road trip memerlukan tenaga dan waktu lebih banyak, namun banyak hal menyenangkan yang bisa didapatkan saat road trip seperti quality time bersama orang terdekat selama perjalanan, bebas berhenti kapan saja, dimana saja bahkan eksplor tempat baru hingga kuliner lokal yang sayang jika dilewatkan.  
 
“Tidak mustahil, masyarakat ingin berlibur hanya dengan stay di hotel di akhir pekan karena kerinduan menikmati layanan tinggal di hotel,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro