Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menyantap Gurihnya Bobara Laut Ditemani Sunset

Namun, pernahkah Anda mencoba menu bobara laut? Menu ikan bakar yang satu ini cukup unik. Warga lokal sering menyebutnya dengan bobara hitam atau bobara lao. Namun, jika Anda amati seksama, ikan ini tidak tampak seperti bobara lao atau dalam Bahasa latin citula armatus.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  16:52 WIB
Ikan Bobara Laut - Lukas Hendra
Ikan Bobara Laut - Lukas Hendra

Bisnis.com, MANADO – Bagi Anda warga di luar Sulawesi Utara, tentu sudah tidak asing dengan menu santap malam khas Manado seperti rahang tuna, bobara (kuwe) maupun goropa (kerapu).

Namun, pernahkah Anda mencoba menu bobara laut? Menu ikan bakar yang satu ini cukup unik. Warga lokal sering menyebutnya dengan bobara hitam atau bobara lao. Namun, jika Anda amati seksama, ikan ini tidak tampak seperti bobara lao atau dalam Bahasa latin citula armatus.

Apalagi dengan saudaranya yang biasa disebut bobara putih (kuwe) atau dalam bahasa latin caranx sexfasciatus. Alhasil, perbedaan ini membentuk perbedaan rasa dan tekstur saat menikmati kedua ikan bobara itu.

Jika diamati, ikan pada menu bobara lao justru lebih mirip dengan unicorn fish meski tanpa tanduk. Tampak seperti orangespin unicornfish (naso lituratus) meski tanpa warna oranyenya.

Kemiripannya tampak pada bentuk ekor dan duri tajam (spin) di samping tulang ekornya. Kemiripan lainnya adalah saat Anda menyantapnya. Ikan bakar bobara lao memiliki tekstur jauh lebih kenyal dan berlemak.

Tak seperti bobara putih yang teksturnya justru gampang hancur dan kurang berlemak. Tak ada salahnya, bila Anda berkunjung ke Manado untuk memesan menu ini.

Memang, bagi sebagian kalangan ikan bakar bobara lao kurang begitu popular, karena Namanya kurang terdengar seperti menu rahang tuna. Hanya saja, tak sedikit rumah makan ikan bakar di sepanjang jalan boulevard II Kota Manado menyajikan menu ini.

Jika tak suka pedas, pilihlah bakar biasa. Namun, saya merekomendasikan bakar rica, yakni dengan bumbu cabai di atas menu bobara laut tersebut. Salah satu keunggulannya adalah rasanya yang mantap dengan bertekstur kenyal dan berlemak.

Saat menu sudah siap, jangan lupa untuk memeras lemon cui (jeruk berukuran kecil yang biasa untuk menu ikan di Manado). Tenang, lemon cui tidak sekeras jeruk sambal di Jawa sana. Lemon cui cukup mudah diperas dengan hanya memencetnya.

Menu ikan bakar bobara laut biasa dijajakan sepaket dengan nasi, tumis kangkung dan berbagai sambal seperti rica bakar dan dabu-dabu iris. Harganya bervariasi mulai dari Rp60.000 hingga Rp90.000 bergantung pada ukuran dan berat.

Anda berminat mencobanya? Usai mencoba mungkin menu ikan bobara lao khas Manado, akan menjadi menu yang bakal Anda rindukan suatu hari nanti. Selain karena tekstur dan rasanya yang mantap, juga suasana restoran yang langsung menghadap matahari terbenam menambah kesan maknyus saat menyantapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikan kuliner
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top