Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ASITA Lakukan Penelitian Perubahan Pola Perjalanan Wisatawan

Pandemi virus Corona (Covid-19) berpotensi menciptakan perubahan pola wisatawan domestik dan internasional.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  21:07 WIB
Ilustrasi - Clapway
Ilustrasi - Clapway

Bisnis.com, JAKARTA—Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) akan mengadakan penelitian untuk mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi pada pola traveller wisatawan nusantara dan asing.

Rusmiati, President of ASITA, mengungkapkan data yang akan digunakan oleh ASITA dalam penelitian nanti adalah data pelanggan dari anggota-anggota ASITA yang tersebar di seluruh Indonesia. “Baik database untuk customer inbound, outbound, umroh atau ticketing,” katanya kepada Bisnis pada Rabu (27/5/2020).

Dia menjelaskan sample akan dibagi menjadi dua responden, yakni pelanggan wisatawan Indonesia dan asing yang sudah pernah ke Indonesia.

Selain untuk mengetahui perubahan perilaku traveller setelah masa pandemi Covid-19, penelitian yang akan dilakukan oleh ASITA juga untuk mengetahui jenis wisata yang diminati oleh traveller, dan seberapa besar perhatian mereka terhadap protokol kesehatan dan keselamatan.

“Untuk wisatawan asing, penelitian ini berguna mengetahui tujuan mereka berkunjung setelah pandemic selesai dan apakah destinasi di Indonesia akan tetap menjadi pilihan mereka untuk kembali berkunjung atau tidak,” katanya.

Kemudian, penelitian terhadap wisatawan asing juga guna menggali apa yang traveller inginkan atau harapkan jika mereka kembali melakukan perjalanan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata traveling Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top