Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pergi Naik Pesawat, Perhatikan Hal Ini

Selain terinfeksi dari duduk bersebelahan dengan penumpang lain, hal yang perlu diperhatikan adalah penularan dari benda mati.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  17:32 WIB
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Pada Juni 2020, kenormalan baru akan mulai terjadi sehingga aktivitas transportasi akan berangsur-angsur dipulihkan.

Dikutip dari Business Insider, Selasa (26/5/2020), ada sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam adaptasi kenormalan baru jika hendak bepergian naik pesawat.

Umumnya jika kita naik bus, prediksi infeksi terjadi saat duduk bersebelahan dengan penumpang lain yang mungkin terinfeksi. Hal serupa juga terjadi di pesawat karena virus tak hanya menular dari droplet tetapi juga bertahan di udara dalam waktu yang lama.

Selain terinfeksi dari duduk bersebelahan dengan penumpang lain, hal yang perlu diperhatikan adalah penularan dari benda mati. Misalnya penularan dari gagang toilet, tempat bersandar siku, dan tempat duduk yang mungkin sempat diduduki oleh penumpang yang terinfeksi.

Maka sebelum melakukan perjalanan pikirkan dengan baik kondisi kesehatan Anda. Ini juga cara mencegah penularan ke penumpang lain jika Anda merupakan orang tanpa gejala.

Oleh sebab itu dengan sejumlah prosedur baru dalam kenormalan baru. jika tidak terlalu penting, Anda perlu menunda perjalanan. Anjuran ini juga sangat penting bagi orang lanjut usia yang paling rentan tertular Covid-19.

Jika Anda tetap harus bepergian dengan pesawat, Anda juga harus mengecek jumlah penumpang dalam pesawat serta penerapan prosedur kesehatan.

Anda harus memastikan maskapai menyediakan ruang isolasi dan ruang kesehatan yang ideal bagi penumpang. Selain itu perlu dipastikan kelengkapan alat kesehatan dengan penambahan alat khusus untuk antisipasi Covid-19, salah satunya ventilator.

Anda juga harus mengecek ketersediaan disinfektan di pesawat dan hand sanitizer serta masker bagi para pelancong.

Penumpang harus tetap penerapan social distancing paling kurang 1 meter dari setiap tempat duduk. Dengan demikian tingkat keterisian penumpang pesawat tidak boleh penuh atau lebih dari 70 persen. Anda juga berkesempatan untuk lebih sering melakukan pemesanan tiket secara daring.

Dengan pemesanan lebih awal, Anda punya kesempatan memilih tempat duduk yang membuat Anda merasa terjamin aman dan bisa menerapkan social distancing dengan penumpang lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat penumpang traveling
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top