Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Travel

Pergi Naik Pesawat, Perhatikan Hal Ini

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Selasa, 26 Mei 2020 - 17:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada Juni 2020, kenormalan baru akan mulai terjadi sehingga aktivitas transportasi akan berangsur-angsur dipulihkan.

Dikutip dari Business Insider, Selasa (26/5/2020), ada sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam adaptasi kenormalan baru jika hendak bepergian naik pesawat.

Umumnya jika kita naik bus, prediksi infeksi terjadi saat duduk bersebelahan dengan penumpang lain yang mungkin terinfeksi. Hal serupa juga terjadi di pesawat karena virus tak hanya menular dari droplet tetapi juga bertahan di udara dalam waktu yang lama.

Selain terinfeksi dari duduk bersebelahan dengan penumpang lain, hal yang perlu diperhatikan adalah penularan dari benda mati. Misalnya penularan dari gagang toilet, tempat bersandar siku, dan tempat duduk yang mungkin sempat diduduki oleh penumpang yang terinfeksi.

Maka sebelum melakukan perjalanan pikirkan dengan baik kondisi kesehatan Anda. Ini juga cara mencegah penularan ke penumpang lain jika Anda merupakan orang tanpa gejala.

Oleh sebab itu dengan sejumlah prosedur baru dalam kenormalan baru. jika tidak terlalu penting, Anda perlu menunda perjalanan. Anjuran ini juga sangat penting bagi orang lanjut usia yang paling rentan tertular Covid-19.

Jika Anda tetap harus bepergian dengan pesawat, Anda juga harus mengecek jumlah penumpang dalam pesawat serta penerapan prosedur kesehatan.

Anda harus memastikan maskapai menyediakan ruang isolasi dan ruang kesehatan yang ideal bagi penumpang. Selain itu perlu dipastikan kelengkapan alat kesehatan dengan penambahan alat khusus untuk antisipasi Covid-19, salah satunya ventilator.

Anda juga harus mengecek ketersediaan disinfektan di pesawat dan hand sanitizer serta masker bagi para pelancong.

Penumpang harus tetap penerapan social distancing paling kurang 1 meter dari setiap tempat duduk. Dengan demikian tingkat keterisian penumpang pesawat tidak boleh penuh atau lebih dari 70 persen. Anda juga berkesempatan untuk lebih sering melakukan pemesanan tiket secara daring.

Dengan pemesanan lebih awal, Anda punya kesempatan memilih tempat duduk yang membuat Anda merasa terjamin aman dan bisa menerapkan social distancing dengan penumpang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro