Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Santapan yang Tak Boleh Absen Saat Lebaran

Tujuh hidangan khas lebaran ini merupakan penganan tradisional.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 23 Mei 2020  |  20:04 WIB
Pedagang menata ketupat yang terbuat dari daun kelapa atau janur di Kota Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Minggu (2/6/2019). - ANTARA / Syifa Yulinnas.
Pedagang menata ketupat yang terbuat dari daun kelapa atau janur di Kota Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Minggu (2/6/2019). - ANTARA / Syifa Yulinnas.

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah tinggal menghitung jam. Tak terasa umat muslim akan meraih kemenangan setelah berpuasa satu bulan lamanya. 

Namun sayang, lebaran tahun ini akan terasa sangat berbeda dengan adanya virus corona. Banyak masyarakat yang tak bisa pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga. Pemerintah pun mengimbau agar tetap berada di rumah pada hari raya. 

Kendati demikian, suasana lebaran masih bisa tercipta walau di rumah saja. Misalnya dengan menyajikan makanan khas hari raya seperti berikut ini:

1. Ketupat 

Ketupat adalah hidangan berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur), atau kadang-kadang dari daun palma yang lain.

2. Opor

Opor ayam merupakan makanan sejenis kari ayam yang kerap tersedia saat lebaran. Opor ayam terbuat dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan, ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan rempah lainnya. Biasanya opor menjadi pendamping ketupat saat lebaran.

3. Rendang

Rendang atau randang adalah masakan daging yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat. Saat hari raya, banyak para ibu yang menyajikan rendang untuk mrndampingi opor dan ketupat.

4. Sambal goreng ati

Makanan dengan bahan hati ampela ayam dengan bumbu sambal dan terkadang ditambah petai ini menjadi sajian pelangkap saat lebaran. 

5. Gulai nangka

Kuliner khas Lebaran yang satu ini juga cukup populer saat lebaran. Makanan berdasar nangka muda ini juga sangat dicari saat lebaran. Sangat sedap disantap menggunakan rendang.

6. Sayur labu siam

Sayur dengan bahan utama labu siam ini biasanya menjadi partner bagi ketupat. Untuk memasaknya cukup mudah dan rasanya diterima di lidah masyarakat Indonesia dimanapun berada.

7. Lemang

Makanan yang biasanya menggantikan posisi ketupat ini mrnjadi favorit bagi masyarakat Sumatera. Namun belakangan, penikmat lemang tak hanya warga minang saja. Berbahan dasar beras ketan yang dimasukkan ke dalam bambu dan ditambahkan santan juga garam ini menjanjikan rasa yang gurih, dan nikmat bila disantap dengan rendang daging dan serundeng kelapa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner Mudik Lebaran
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top