Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Resep Kroket untuk Hari Raya Tanpa Takut Gemuk

Merayakan Idulfitri di rumah dengan ragam masakan mungkin membuat berat badan bertambah, sehingga perlu resep masakan sehat yang menjamin berat badan tetap stabil. 
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 23 Mei 2020  |  16:56 WIB
Ilustrasi kroket - Unilever
Ilustrasi kroket - Unilever

Bisnis.com, JAKARTA – Merayakan Idulfitri di rumah dengan ragam masakan mungkin membuat berat badan bertambah, sehingga perlu resep masakan sehat yang menjamin berat badan tetap stabil. 

Oleh sebab itu, Anda perlu membuat masakan yang tidak hanya nikmat saat Lebaran, tetapi juga baik bagi kesehatan dan menjaga berat badan.

Remanlay Institute meluncurkan resep makanan sehat jelang hari raya yaitu kroket. Dengan nama Kroket Panggang Aman di Pinggang, menu ini memberi jaminan kesehatan bagi para penikmat untuk berbuka puasa dan Lebaran.

Serial "Mari Berbagi Rantang", Remanlay Institute pun memerinci sejumlah langkah untuk membuat kroket ini.

Pertama, kukuslah empat - lima butir kentang, haluskan cepat selagi panas. Campurkan satu sendok makan tepung singkong atau tapioca dan satu butir telur ayam. Bubuhkan pula dengan sedikit garam dan lada.

Kedua, untuk isian, kroket ini bisa dibuat lebih kreatif. Anda bebas memilih daging ayam cincang atau dengan tempe. Osenglah isian dengan api kecil bersama bawang bombay dirajang halus.

Ketiga, masukkan segenggam wortel dan buncis yang sudah dipotong kotak-kotak kecil, tambahkan jamur. Taburkan garam, pala, atau bubuk pala. Jangan lupa, tambahkan sedikit air, tutup wajan hingga air meresap habis.

Keempat, ambil adonan kentang, berbentuk bulat lonjong, isi bagian tengah dengan racikan yang sudah dioseng tadi. Rapihkan isi agar isi tidak meletus keluar.

Kelima, lakukan penataan di loyang yang datar yang sudah ditaburi sedikit tepung tapioka agar kroket tidak lengket di loyang.

Keenam, pulaslah setiap kroket dengan kocokan kuning telur.

Ketujuh, jangan lupa panaskan dulu oven, panggang kroket sekitar 20 menit atau hingga berwarna kuning keemasan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top