Ini Cara Aman Terhindari dari Virus Corona Saat Naik Pesawat

Selama melakukan perjalanan, Anda perlu melakukan antisipasi agar tidak terinfeksi dari virus corona (Covid-19).
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  11:34 WIB
Ini Cara Aman Terhindari dari Virus Corona Saat Naik Pesawat
Sejumlah warga negara Indonesia berada di pesawat Garuda yang disewa khusus di Bandar Udara Internasional Velana, Maldives, Jumat (1/5 - 2020) malam. KBRI Colombo merepatriasi mandiri gelombang kedua dengan memulangkan 347 pekerja migran Indonesia dari Sri Lanka dan Maladewa ke Indonesia akibat pandemi Covid/19. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA—Melakukan perjalanan di tengah pandemi virus Corona baru atau Covid-19 sangatlah berisiko. Namun, terkadang kita harus melakukan perjalanan untuk urusan yang sangat penting, dan menggunakan transportasi umum seperti pesawat.

Dilansir dari Nytimes.com, Aaron Milstone, Associate Hospital Epidemiologist di Johns Hopkins Hospital, mengungkapkan pesawat dan kursi pesawat adalah ruang publik. Sementara kuman dapat hidup di permukaan benda untuk waktu yang lama.
 
Jadi, dia menuturkan tidak ada salahnya untuk membersihkan kursi pesawat ketika menggunakannya untuk melakukan perjalanan.

Beikut beberapa tips yang dapat dilakukan oleh seseorang ketika melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat dan menjaga kesehatannya dalam penerbangan.

1. Selalu Menjaga Agar Tangan Selalu Bersih, Dan Berhenti Menyentuh Wajah

Andrew Mehle, Associate Professor Dari Medical Microbiology And Immunology University Of Wisconsin Madison, mengungkapkan menyeka permukaan benda akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi diri sendiri.

Melakukan sanitasi ruang tempat Anda duduk di dalam pesawat harus dilakukan bersamaan dengan mencuci tangan dan mengikuti praktik kebersihan dan kesehatan terbaik lainnya.
 
Mencuci tangan Anda dengan sabun dan air selama 20 detik atau cukup lama untuk menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak 2 kali. Jika itu tidak memungkinkan, maka gunakan pembersih tangan dalam jumlah banyak
 
2. Pilih Tempat Duduk Dekat Jendela
 
Sebuah studi dari Emory University menemukan bahwa selama musim flu, tempat teraman untuk duduk di pesawat adalah dekat jendela.

Para peneliti mempelajari penumpang dan awak pesawat pada 10 penerbangan antara 3 hingga 5 jam dan mengamati bahwa orang yang duduk di kursi dekat jendela memiliki lebih sedikit kontak dengan orang yang berpotensi sakit.
 
3. Disinfektan Permukaan Keras

Ketika Anda sampai di tempat duduk dan tangan Anda bersih, maka gunakan tisu disinfektan untuk membersihkan permukaan kursi Anda seperti sandaran kepala dan lengan, gesper sabuk pengaman, remote, layar, saku belakang kursi, dan meja baki.
 
Jika dudukannya keras dan tidak keropos, kulit atau bulu, maka Anda dapat mengelapnya juga. Menggunakan tisu di kursi berlapis kain bisa menyebabkan kursi basah dan menyebarkan kuman daripada membunuh mereka.
 
Pada kemasan tisu disinfektan biasanya terdapat penjelasan lama suatu permukaan harus tetap basah. Jadi, Anda harus mengikuti petunjuk yang ada pada kemasan tisu tersebut. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pesawat, traveling, Virus Corona

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top