Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menu Berbuka Puasa Saat Pandemi, Ini Cara Membuat Soto Boyolali

Makanan berkuah dan sehat, menjadi menu penting saat berbuka puasa di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 15 Mei 2020  |  15:15 WIB
Soto Boyolali - instagram
Soto Boyolali - instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ibadah puasa bersamaan dengan pandemi Covid-19, dibutuhkan banyak tips untuk menjaga kesehatan fisik melalui menu makanan sehat.

Meski demikian, sehat saja tak cukup. Pandemi Covid-19 yang membuat sedikit keropos perekonomian membuat Anda mau tak mau juga harus belajar membuat makanan yang lebih hemat.

Menurut Remanlay Institute, dalam serial "Mari Berbagi Rantang", bahan utama memasak yang wajib tersedia adalah bumbu dapur antara lain; garam, lada, pala, kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar, bawang merah dan bawang putih, daun salam daun jeruk.

Beberapa bahan utama protein bisa digunakan, misalnya daging ayam. Contoh bahan penambah rasa yang bisa dimanfaatkan antara lain; tulang ayam, jamur segar, cabai rawit, dan cabai merah. Sementara itu untuk bahan segar yang disediakan adalah sayur, misalnya; kacang hijau, daun seledri, daun bawang, dan tomat. Dengan sejumlah bahan sederhana ini, Anda bisa menyulapnya menjadi makanan sehat khas Indonesia yaitu soto. 

Indonesia memang punya ratusan resep soto yang paling banyak di seluruh dunia. Soto Boyolali adalah salah satu resep paling mudah, murah, dan hemat. Berikut cara membuat Soto Boyolali yang ringkas waktu dan sederhana saja bumbunya. 

Pertama, pisahkan ayam dari tulangnya. Simpan mentah untuk resep lain. Rebus daging ayam, suwir. Jangan lupa masukkan kembali ke kuahnya. 

Kedua, ulek halus bawang merah dan bawang putih, bubuhkan lada dan garam. Masukkan dalam kuah. 

Ketiga, cemplungkan daun salam, sereh digeprek, dan jahe geprek. 

Keempat, sajikan saat panas. Tambahkan irisan halus kol, sedikit irisan tomat, seledri, daun bawang. Kucuri jeruk nipis. Buat ulekan cabai rawit dan bawang putih, campurkan garam dan buat sambal sesuai selera. 

Nah, jika Anda suka dengan soto yang berwarna kuning, Anda pun bebas menambahkan kunyit saat mengulek bumbu. 

Resep Soto Boyolali ini hemat dan sehat karena tidak melalui tumisan dengan minyak. Selain itu jika disajikan tanpa kerupuk, soto ini jauh lebih sehat. Bagi Anda yang suka telur, Anda bisa membuat telur rebus dan masukkan dalam sajian soto. Selamat menikmati!

soto boyolali maknyoss banget

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner soto Virus Corona kuliner nusantara
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top