Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengintip Filosofi Buddha di Vihara Sejahtera Maitreya

Vihara Sejahtera Maitreya selalu ramai dikunjungi umat maupun wisatawan saat Imlek dan Mooncake Festival pada September mendatang.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 06 Mei 2020  |  13:07 WIB
Mengintip Filosofi Buddha di Vihara Sejahtera Maitreya
Vihara Maha Vihara Sejahtera Maitreya yang merupakan Buddhist Centre di Kalimantan Timur. - Gloria FK Lawi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang Tri Hari Suci Waisak, umat Buddha akan bertandang ke rumah ibadahnya yaitu vihara.

Tak disangka, Indonesia punya vihara dengan desain terbagus di Asia Tenggara. Tak hanya desain terbagus, filosofi vihara ini juga berbicara soal sosok Buddha di masa depan.

Vihara itu bernama Maha Vihara Sejahtera Maitreya yang merupakan Buddhist Centre di Kalimantan Timur. Bertempat di Kota Samarinda, Maha Vihara Maitreya awalnya berdiri pada 1978 di Jalan Yos Sudarso.

Kemudian, vihara ini pindah ke Jalan D.I. Panjaitan sejak 2016. Vihara ini mencatatkan luas area 1,3 hektare sehingga menjadi Buddhist Center atau pusat pembinaan umat Buddha.

Vihara Sejahtera Maitreya

Kata-kata kebijaksanaan dari Sang Buddha./Gloria FK Lawi

Penyematan nama Maitreya ini juga berasal dari filosofi Bodhisattva Maitreya yang artinya Buddha yang akan datang. Sang Buddha Maitreya kata sekretariat Buddhist Center di Samarinda memiliki ajaran "Dunia Satu Keluarga".

Artinya segenap makhluk yang ada di bumi adalah keluarga bagi satu dengan yang lain. Maka sudah hakikatnya semua makhluk di bumi saling menjaga alam, baik manusia, hewan, tanaman, hingga plankton.

Ada keistimewaan yang dihadirkan dalam bangunan ini yakni seluruh bagian luar dan dalam vihara dilapisi keramik marmer. Selain itu ada 3 patung pratima Buddha setinggi 3,9 meter yang didatangkan dari Taiwan.

Adapun marmer yang menjadi dinding vihara ini memang khusus didatangkan dari China. Sementara ukiran Buddha Maitreya dibuat dari batu ukir paras asal Bali.

Beberapa keunikan dari Maha Vihara Sejahtera Maitreya adalah memiliki restoran dan kafe vegetarian serta koperasi. Tujuannya untuk menjamin kebutuhan umat Buddha serta menjadi sumber pendanaan kegiatan keagamaan.

Selain Tri Suci Waisak, Vihara Maitreya juga vihara yang selalu ramai dikunjungi umat maupun wisatawan saat Imlek dan Mooncake Festival pada September mendatang.

Vihara Sejahtera Maitreya

Patung Buddha menyambut setiap pengunjung yang datang./Gloria FK Lawi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buddha waisak
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top