Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pizza Tutut Buatan Susi Pudjiastuti yang Bikin Ngiler

Olahan makanan itu dibagikan Susi melalui sebuah video di akun Instagram pribadinya, @susipudjiastuti115.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 27 April 2020  |  15:24 WIB
Pizza tutut ala Susi Pudjiastuti
Pizza tutut ala Susi Pudjiastuti

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali menunjukkan keahliannya dalam mengolah makanan. Kali ini dia mengolah keong sawah atau tutut menjadi pizza.

Olahan makanan itu dibagikan Susi melalui sebuah video di akun Instagram pribadinya, @susipudjiastuti115.

Pada awalnya, Susi tampak membersihkan tutut di dalam wadah. Susi mengaku sangat menyukai tutut. Tutut tersebut dibelinya di Pangandaran seharga Rp15.000/ 2 kilogram. Tutut itu berasal dari sawah yang bebas peptisida.

"Biasanya orang Pangandaran dipakai buat bebek. Kalau saya suka sekali, sayang buat bebek," ujarnya sambil membersihkan tutut dari lumpur.

Kata Susi, membersihkan tutut sangat mudah. Cukup diaduk-aduk menggunakan air hingga lumpurnya berjatuhan.

Setelah bersih, tutut tersebut direbus menggunakan air panas yang sudah diberi sedikit garam dan cuka hingga mendidih. "Mendidih 2-3 menit, tidak usah lama-lama, diangkat," sebutnya.

Setelah diangkat, Susi memisahkan daging tutut dari cangkangnya. Jika sudah terpisah, dagingnya bisa disimpan dalam beberapa hari di dalam lemari pendingin.

Susi menuturkan daging tutut yang sudah bersih itu bisa dioseng, dibumbui kuning, hingga bumbu rujak. Namun kali ini, dia mengolahnya menjadi pizza.

"Nah kemarin saya bikin pizza, karena pizza suka ada yang pakai kerang-kerang Enaknya luar biasa, tidak bau tanah, tidak ada bau lumut," sebutnya.

Di dalam video berjudul "Tutorial Memasak Pizza Tutut" itu, Susi menunjukkan beberapa bahan untuk membuatnya. Tampak parutan keju, potongan daging ham, margarin, cabai, mayonaise, saus sambal yang disiapkan.

Terdapat pula adonan pizza yang sudah jadi. Bahan-bahan seperti Tutut hingga saus sambal ditaburi di atas pizza dan dipanggang di dalam oven.

Mengatur kematangan sesuai selera, pizza tutut ala Susi Pudjiastuti pun jadi dan tampak menggugah, apalagi sebagai menu berbuka puasa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pizza hut Susi Pudjiastuti
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top