Pizza tutut ala Susi Pudjiastuti
Kuliner

Pizza Tutut Buatan Susi Pudjiastuti yang Bikin Ngiler

Desyinta Nuraini
Senin, 27 April 2020 - 15:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali menunjukkan keahliannya dalam mengolah makanan. Kali ini dia mengolah keong sawah atau tutut menjadi pizza.

Olahan makanan itu dibagikan Susi melalui sebuah video di akun Instagram pribadinya, @susipudjiastuti115.

Pada awalnya, Susi tampak membersihkan tutut di dalam wadah. Susi mengaku sangat menyukai tutut. Tutut tersebut dibelinya di Pangandaran seharga Rp15.000/ 2 kilogram. Tutut itu berasal dari sawah yang bebas peptisida.

"Biasanya orang Pangandaran dipakai buat bebek. Kalau saya suka sekali, sayang buat bebek," ujarnya sambil membersihkan tutut dari lumpur.

Kata Susi, membersihkan tutut sangat mudah. Cukup diaduk-aduk menggunakan air hingga lumpurnya berjatuhan.

Setelah bersih, tutut tersebut direbus menggunakan air panas yang sudah diberi sedikit garam dan cuka hingga mendidih. "Mendidih 2-3 menit, tidak usah lama-lama, diangkat," sebutnya.

Setelah diangkat, Susi memisahkan daging tutut dari cangkangnya. Jika sudah terpisah, dagingnya bisa disimpan dalam beberapa hari di dalam lemari pendingin.

Susi menuturkan daging tutut yang sudah bersih itu bisa dioseng, dibumbui kuning, hingga bumbu rujak. Namun kali ini, dia mengolahnya menjadi pizza.

"Nah kemarin saya bikin pizza, karena pizza suka ada yang pakai kerang-kerang Enaknya luar biasa, tidak bau tanah, tidak ada bau lumut," sebutnya.

Di dalam video berjudul "Tutorial Memasak Pizza Tutut" itu, Susi menunjukkan beberapa bahan untuk membuatnya. Tampak parutan keju, potongan daging ham, margarin, cabai, mayonaise, saus sambal yang disiapkan.

Terdapat pula adonan pizza yang sudah jadi. Bahan-bahan seperti Tutut hingga saus sambal ditaburi di atas pizza dan dipanggang di dalam oven.

Mengatur kematangan sesuai selera, pizza tutut ala Susi Pudjiastuti pun jadi dan tampak menggugah, apalagi sebagai menu berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro