Memasak./www.resepmasakanku.info
Kuliner

Menu Buka Puasa, Ini Cara Membuat Sup Belut

Desyinta Nuraini
Minggu, 26 April 2020 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbuka puasa menjadi momen yang sangat dinantikan umat muslim di bulan Ramadan. Tak sedikit orang pada siang hari sudah memikirkan menu apa yang pas untuk mengisi kembali perut yang kosong.

Chef Benjo dari Indonesia Chef Association (ICA) cabang Depok  merekomendasikan menu sup belut untuk buka puasa. Memang, saat berbuka, menu berkuah yang hangat dinilai pas untuk perut yang kosong dan mengisi kembali tenaga.

Sebelum membuat sup belut, kata Chef Benjo sediakan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan dimasak sesuai porsi yang diinginkan. Antara lain, belut, bawang merah, bawang putih, rempah (kapulaga, cengkeh, biji pala, kayu manis), penyedap rasa, garam, wortel, daun bawang dan seledri.

Untuk cara memasaknya, bersihkan belut, potong menjadi beberapa bagian lalu tiriskan. Kemudian goreng setengah matang. Sementara itu, haluskan bawang merah dan bawang putih lalu ditumis hingga matang. Masukan air dan rempah secukupnya, tunggu air hingga matang.

Setelah air matang, masukan wortel. Jika dirasa bahan pelengkap sudah matang semua, masukkan belut yang sudah digoreng. Koreksi rasa sesuai selera. Sajikan dengan menaburi bawang goreng, seledri, dan daun bawang.

Chef Benjo menyebut belut sangat tinggi protein. Dalam satu porsi belut, kita sudah bisa memenuhi asupan protein harian yang berada di angka 20 gram. Keberadaan protein juga bisa membantu kesehatan otot dan saraf-saraf tubuh.

Selain protein, belut juga menyediakan kalori sebagai sumber energi tubuh, zat besi yang cukup tinggi, fosfor, dan berbagai macam vitamin seperti vitamin A yang baik bagi kesehatan mata dan vitamin B yang mendukung kesehatan otak dan produksi enzim-enzim tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro