Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menu Buka Puasa, Ini Cara Membuat Sup Belut

Saat buka puasa, menu berkuah yang hangat sangat pas untuk perut yang kosong dan mengisi kembali tenaga.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 26 April 2020  |  14:38 WIB
Memasak. - www.resepmasakanku.info
Memasak. - www.resepmasakanku.info

Bisnis.com, JAKARTA - Berbuka puasa menjadi momen yang sangat dinantikan umat muslim di bulan Ramadan. Tak sedikit orang pada siang hari sudah memikirkan menu apa yang pas untuk mengisi kembali perut yang kosong.

Chef Benjo dari Indonesia Chef Association (ICA) cabang Depok  merekomendasikan menu sup belut untuk buka puasa. Memang, saat berbuka, menu berkuah yang hangat dinilai pas untuk perut yang kosong dan mengisi kembali tenaga.

Sebelum membuat sup belut, kata Chef Benjo sediakan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan dimasak sesuai porsi yang diinginkan. Antara lain, belut, bawang merah, bawang putih, rempah (kapulaga, cengkeh, biji pala, kayu manis), penyedap rasa, garam, wortel, daun bawang dan seledri.

Untuk cara memasaknya, bersihkan belut, potong menjadi beberapa bagian lalu tiriskan. Kemudian goreng setengah matang. Sementara itu, haluskan bawang merah dan bawang putih lalu ditumis hingga matang. Masukan air dan rempah secukupnya, tunggu air hingga matang.

Setelah air matang, masukan wortel. Jika dirasa bahan pelengkap sudah matang semua, masukkan belut yang sudah digoreng. Koreksi rasa sesuai selera. Sajikan dengan menaburi bawang goreng, seledri, dan daun bawang.

Chef Benjo menyebut belut sangat tinggi protein. Dalam satu porsi belut, kita sudah bisa memenuhi asupan protein harian yang berada di angka 20 gram. Keberadaan protein juga bisa membantu kesehatan otot dan saraf-saraf tubuh.

Selain protein, belut juga menyediakan kalori sebagai sumber energi tubuh, zat besi yang cukup tinggi, fosfor, dan berbagai macam vitamin seperti vitamin A yang baik bagi kesehatan mata dan vitamin B yang mendukung kesehatan otak dan produksi enzim-enzim tertentu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Ramadan buka puasa
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top