Ilustrasi puasa/Istimewa
Kuliner

Alternatif Makanan dan Minuman Sahur Saat Karantina

Muhammad Khadafi
Sabtu, 25 April 2020 - 14:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada yang berbeda dalam suasana bulan puasa tahun ini. Pandemi virus Corona (Covid-19) membuat ibadah wajib selama bulan Ramadhan harus dilaksanakan di tengah pembatasan sosial berskala besar. Bahkan tidak sedikit umat Islam yang menjalankan puasa dengan status orang dalam pemantauan (ODP) dan tengah menjalankan karantina mandiri.

Seperti diketahui, ada dua periode makan dalam ibadah puasa, yakni sahur dan berbuka. Setiap orang yang berpuasa, wajib memastikan asupan gizi dalam dua periode makan tersebut, karena jangan sampai puasa justru menjadi zalim terhadap diri sendiri.

Bagi orang-orang yang dalam masa karantina, asupan gizi pada waktu sahur menjadi tantangan tersendiri. Mengutip situs Boldsky.com, berikut makanan dan minuman bernutrisi yang dapat menjadi alternatif bagi orang-orang dalam masa karantina:

Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat dan protein yang seharusnya dapat memberikan cukup nutrisi bagi orang yang berpuasa. Pisang, ceri, dan buah-buahan kering dapat menjadi opsi tambahan untuk memperkaya rasa dan gizi semangkuk oatmeal.

Telur

Telur mengandung banyak vitamin dan protein yang diperlukan tubuh. Pun telur dapat diolah dengan banyak cara, mulai dari dadar, mata sapi, rebus, hingga orak-arik.

Telur juga merupakan makanan yang mudah dikombinasikan dengan yang lain, seperti nasi, roti, sayur, maupun sumber karbohidrat lainnya. Dan satu kelebihan telur lainnya adalah mudah didapatkan di mana saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro