Aneka makanan khas Betawi/Istimewa
Kuliner

3 Resep Makanan Bergizi dan Hemat

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Senin, 20 April 2020 - 19:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jelang akhir bulan tingkat kepanikan meningkat, apalagi untuk milenial yang hidup sendirian di kos ataupun kontrakan selama masa karantina mandiri. Berikut sejumlah resep masakan murah yang bisa dibuat di rumah saja. 

Berdasarkan catatan Bisnis.com, ada 3 jenis makanan yang bisa kamu masak dan nikmati selama di rumah saja. Sembari menunggu gajian tiba, sejumlah masakan ini hanya meronggoh Rp15.000:

1. Martabak Mie Sayuran

Untuk pekerja di kota metropolitan tentu akrab dengan mie instan. Nah, selain direbus dan digoreng, mie instan juga bisa kamu racik sebagai santapan nikmat akhir bulan berbentuk martabak. Kamu hanya perlu menambahkan telur ayam dan daun bawang ke dalam belanjaan sebelum membuat martabak mie akhir bulan.

Secara rinci, berikut beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat martabak mie antara lain; 1 bungkus mie instan, direndam atau direbus dalam air panas, lalu tiriskan, 2 butir telur ayam, 3 siung bawang merah diiris tipis, 2 siung bawang putih diiris tipis, 1 batang daun bawang diiris tipis, cabai rawit sesuai selera diiris tipis, lalu merica jika suka, dan minyak goreng.

Cara Membuat:

  1. Campurkan telur, merica, dan bumbu bubuk mie instan, lalu kocok rata.
  2. Selanjutnya tambahkan cabai, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang, lalu kocok lagi hingga rata. Jangan lupa sesuaikan rasanya dengan selera kamu.
  3. Masukkan mie yang sudah matang ke dalamnya, dan aduk rata.
  4. Panaskan wajan anti lengket, tambahkan sedikit minyak goreng.
  5. Tuangkan adonan mie dan telur ke dalamnya, lalu ratakan. Masak dengan api kecil agar matang hingga ke bagian dalam.
  6. Tunggu hingga bagian bawah martabak kering dan kecoklatan, lalu balik. Tunggu kembali sampai sisi sebaliknya matang dan kecoklatan pula.
  7. Angkat, potong sesuai selera, lalu sajikan.

2. Terong Balado

Buat pecinta makanan spicy dan tasty, sambal masih menjadi andalan. Dengan selembar uang Rp10.000, kamu bisa belanja terong ungu, salah satu  sayuran murah yang kaya nutrisi untuk tubuh. Jadi hemat dan sehat, bukan?

Sejumlah bahan yang diperlukan untuk membuat terong balado antara lain; 2 buah terong ungu yang dibelah empat bagian, potong panjang sesuai selera, 3 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 10 buah cabai rawit, garam secukupnya, gula secukupnya, kaldu ayam bubuk secukupnya, minyak goreng secukupnya, dan air secukupnya.

Berikutnya, cara membuat sayur terong balado.

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan garam. Jika sudah halus, tumis dengan minyak goreng hingga harum.
  2. Masukkan terong ke dalam bumbu lalu aduk hingga rata.
  3. Agar tidak gosong dan kering, tambahkan sedikit air lalu masak hingga terong matang dan empuk.  
  4. Tambahkan sedikit gula sesuai selera, dan kaldu ayam bubuk.
  5. Aduk semua bahan hingga bumbu meresap dan tercampur rata.
  6. Angkat sambal terong lalu sajikan.

 

3. Nasi Goreng 3 Bahan

Masih punya banyak beras dan telur atam di rumah? Bingung mau buat apa selain nasi telor ceplok? Ini saatnya kamu berkreasi di akhir bulan dengan membuat nasi goreng. Nah, membuat nasi goreng tak harus dengan bahan-bahan yang rumit dan mahal. Dengan budget di bawah Rp15.000, resep nasi goreng 3 bahan ini layak dicoba.

Sejumlah bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain; 800 gram nasi dingin, 3 butir telur ayam yang dikocok lepas, 100 cc minyak wijen.

Beberapa bahan bumbu yang perlu dipersiapkan antara lain; 150 gram jahe parut, 1/2 sdt garam, 2 sdm kecap manis.

Cara Membuat:

  1.  Tumis jahe parut hingga beraroma harum
  2. Tuang minyak wijen, aduk rata
  3. Masukkan nasi, aduk rata
  4. Tambahkan garam dan kecap
  5. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok lepas
  6. Aduk rata hingga bumbu meresap.

 

Gampang kan? Kini kamu makin yakin, kamu tak bakal kelaparan meski di rumah saja. Selamat mencoba sembari menunggu gaji lekas turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro