Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pantai Temboko Lehi, Airnya bisa untuk Rebus Telur. Hanya Satu di Indonesia

Pesona wisata berupa pantai terhampar di berbagai daerah di Indonesia dengan segala pesonanya. Namun, hanya ada satu pantai berair panas di Indonesia yaitu Temboko Lehi.
Danang Nur Ihsan
Danang Nur Ihsan - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  07:14 WIB

Bisnis.com, SOLO - Pesona wisata berupa pantai terhampar di berbagai daerah di Indonesia dengan segala pesonanya. Namun, hanya ada satu pantai berair panas di Indonesia yaitu Temboko Lehi.

Keunikan Temboko Lehi dengan pantai berair panas ini menjadikan tempat ini menjadi tempat wisata yang layak dikunjungi wisatawan. Bahkan, saking panasnya air di Temboko Lehi, telur pun bisa direbus.

Pantai ini juga memiliki lanskap yang sangat cantik dengan berbagai spot yang menarik untuk berfoto-foto. Pantai berair panas ini masuk dalam gugusan kepulauan di Provinsi Sulawesi Utara.

Pantai ini berada di Kecamatan Siau Barat di Kepulauan Sitaro. Pantai ini berada di Pulau Siau yang merupakan bagian dari Kabupaten Siau Tagulandang Biraro atau Sitaro.

Menjelajah cantiknya Pantai Temboko Lehi bisa dimulai dari Manado, ibu kota Sulawesi Utara dengan menumpang kapal laut. Dari Pelabuhan Manado, kapal akan menempuh perjalanan sejauh 137 kilometer menuju Pulau Siau.

Dari Pelabuhan Manado ada kapal reguler yang berangkat setiap hari ke Pulau Siau. Dengan kapal reguler, hanya butuh kurang lebih empat jam dengan cuaca yang sangat baik untuk tiba ke Pulau Siau.

Kapal di Pulau Siau akan bersandar di Pelabuhan Pehe. Untuk menuju Pantai Temboko Lehi, satu-satunya angkutan yang biasa digunakan adalah ojek karena tidak ada angkutan umum.

Tidak terlalu lama untuk sampai Pantai Temboko Lehi karena perjalanan dengan motor hanya sekitar 20 menit. Perjalanan panjang lebih dari 4 jam dari Manado akan terbayar lunas saat sampai di Temboko Lehi.

Suguhan pemandangan dengan nuansa kebiruan dan panorama yang indah akan memanjakan mata. Sebagaimana dikutip dari laman indonesia.go.id, beberapa waktu lalu, pantai ini bisa dikatakan masih belum ramai dikunjungi wisatawan karena belum dikenal luas.

Para turis backpacker yang menemukan Pantai Temboko Lehi ini. Jadi tidak usah khawatir akan sangat ramai dan membuat kita tidak nyaman. Bagaimana pantai ini bisa berair panas?

Kaki Gunung Karangetang

Pantai ini berada di kaki Gunung Karangetang yang cukup aktif. Karena suhu airnya yang panas, ikan pun tidak mau datang pantai ini. Selain itu juga, air di pantai ini tidak terlalu asin, jadi ya memang tidak disukai oleh ikan.

Tidak adfol rasanya mendatangi pantai berair panas bila tidak berendam. Namun, sangat disarankan para pengunjung untuk tidak langsung berendam di pantai karena airnya cukup panas.

Bisa dimulai dari berendam di kolam kecil yang tidak jauh dari pantai. Kolam kecil ini merupakan tempat mandi penduduk sekitar sejak lama. Di kolam ini airnya akan terlalu panas.

Ada pula spot pantai yang airnya tidak terlalu panas karena cenderung hangat. Lokasinya agak tersembunyi. Pengunjung harus berjalan beberapa meter dari pantai berpasir dan menyusuri batu-batu besar untuk menemukan lekukan bebatuan.

Di lokasi bebatuan di sini, Anda bisa merasakan sensasi hangat dari uap air panas yang keluar dari bebatuan. Pantai yang kian terkenal ini mulai dikembangkan oleh pemerintah daerah.

Misalnya kini ada tempat santai bagi pengunjung, toilet umum, dan membangun kolam renang untuk para pengunjung. Tidak perlu ketakutan kemalaman saat berwisata ke pantai berair panas ini karena ada penginapan di sekitar Kabupaten Sitaro.

Bagi yang penasaran dengan pesona pantai berair panas kiranya tidak perlu datang ke Selandia Baru yang memang sudah terkenal punya pantai berair panas. Pantai Temboko Lehi layak menjadi pilihan utama menikmati keindahan pantai sekaligus merasakan kehangatan air laut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung karangetang sulawesi utara pantai

Sumber : Solopos.com

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top