10 Destinasi Wisata Paling Top di Majalengka

10 lokasi terbaik berdasarkan rekomedasi dari regulator dan juga para traveller yang sudah mencoba semua titik wisata di Majalengka.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  14:41 WIB

Bisnis.com, BANDUNG -- Majalengka menjadi salah satu primadona destinasi pariwisata di Jawa Barat. Setidaknya ada 10 destinasi wisata yang bisa dikunjungi, tentu saja saat sangat direkomendasikan usai siaga virus corona berakhir agar bisa menikmati Top 10 pariwisata di Majalengka aman dan nyaman.

Dari banyak destinasi wisata, Bisnis Indonesia yang tengah menggelar Jelajah Segitiga Rebana memilih 10 lokasi terbaik berdasarkan rekomedasi dari regulator dan juga para traveller yang sudah mencoba semua titik wisata di Majalengka.

1. Terasering Panyaweuyan

Kawasan pertanian di Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka ini menyuguhkan pemandangan exotic dengan hamparan sawah yang terlihat seperti punden berundak. 

Sepanjang mata memandang kita bisa menikmati hijaunya pesawahan dengan nuansa yang jarang kita temui di perkotaan.

Lokasi ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga mengisi waktu libur sambil ditemani makanan khas pasundan.

2. Gunung Panten Paralayang

Di Gunung Panten Mejadi spot paralayang di Kabupaten Majalengka. Terletak di Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka ini tidak kalah menarik dengan gunung-gunung lainnya.

Sejak 2010 lalu, Pemerintah Kabupaten Majalengka memang serius menata kawasan ini menjadi destinasi wisata jempolan. Sejumlah infrastruktur pun diketahui terus dilengkapi demi kenyamanan pengunjung.

Sejak berdiri, sudah ada dua kali kejuaraan paralayang yang diselenggarakan di kawasan tersebut. 

Jika hendak ke Gunung Panten untuk menikmati keindahan matahari terbenam, direkomendasikan untuk datang sore hari. Jika itu keberuntungan mu, maka hamparan Majalengka akan sangat indah terlihat ditambah dengan megahnya pemandangan Gunung Ciremai.

3. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya yang juga dikenal warga sekitar dengan nama Curug Apuy terletak di lereng Gunung Ciremai. Curug ini termasuk air terjun yang cukup tinggi dengan ketinggian mencapai 73 meter secara keseluruhan.

Curug Muara Jaya terbagi menjadi dua tingkat. Tingkat pertama adalah air terjun utama yang menjatuhkan air di ketinggian 60 meter.
Sementara tingkat yang kedua merupakan air terjun yang lebih pendek jaraknya hanya setinggi sekitar 13 meteran.

Kawasan sekeliling Curug Muara Jaya juga memiliki udara yang sejuk. Tanahnya sangat subur, sehingga banyak ditemui hamparan kebun palawija dan sayur mayur.  Di wilayah ini juga banyak sekali pohon kesemek yang tumbuh. 

Jika ingin datang menikmati suara alam, direkomendasikan untuk datang ke Curug Muara Jaya.

4. Patilasan Prabu Siliwangi (Situ Pajajar)

Jika anda yang menyukai wisata sejarah atau mistis, maka Majalengka punya jawabannya. Adalah Patilasan Prabu Siliwangi di Desa Pajajaran, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.

Disini tidak akan dibahas ada apa saja disana, kenapa? Agar pembaca penasaran dan berkunjung ke kawasan tersebut. Maka disana jawaban dari pertanyaan tersebut akan terjawab.

5. Cikadongdong River Tubing

Jika ingin menikmati waktu dengan keluarga dengan spot wisata yang menantang sedikit adrenalin, maka Cikadongdong River Tubing menjadi jawabannya.

Arus yang tidak terlalu deras, tapi juga tidak terlalu tenang menjadi hal yang menarik untuk dicoba. Mengendarai air menggunakan ban, ya hanya ban. Tubuh kita akan mengikuti arus air dan ada kejutannya juga loh, dan itu hanya bisa dirasakan saat menikmati wahana di Cikadongdong River Tubing.

6. Situ Cipanten

Terletak di Gunung Kuning, Sindang, Majalengka, wisata ini menawarkan situ dengan air yang sangat jernih. Saking jernihnya bebatuan di dasar situ bisa terlihat seperti terhalang kaca.

Situ Cipanten ini sebenarnya bukan destinasi wisata baru, sudah sejak zaman dahulu tepatnya sejak tahun 1970-an dibuka untuk umum sebagai tempat rekreasi.

Nah, sejak hits di media sosial baru-baru inilah Situ Cipanten memiliki banyak pengunjung. 

Bukan tanpa alasan, spot wisata ini dilengkapi fasilitas yang cukup mumpuni. Seperti, Jembatan Cinta, Perahu Titanic, dan lain-lain. Selain itu ada beberapa wahana yang bisa dicoba, ada sepeda air, arena outbond, dan berbagai fasilitas lainnya yang menarik.

7. Curug Cipeuteuy

Masih di Kawasan Gunung Ciremai, kali ini ada Curug Cipeuteuy. Oase hijau disuguhkan Tuhan untuk kita nikmati di tempat tersebut.

Jangsn khawatir, bagi kalian yang suka untuk mengoleksi foto untuk di pajang di feed instagram, lokasi ini sangat cocok. Selain nuansi alam yang asri, juga kita bisa banyak belajar tentang konservasi.

8. Bukit Mercuri Sayang Kaak

Ada lagi nih, spot wisata ketinggian di Kabupaten Majalengka yang gak kalah ciamik. Namanya Bukit Mercuri Sayang Kaak. 

Bukit Mercury Sayang Kaak ini cocok sekali jadi lokasi liburan. Keindahan alam dan suasana yang nyaman jadi kombinasi wisata yang tepat. 

Bukan tanpa alasan Bumi Perkemahan Bukit Mercury ini jadi lokasi yang banyak diburu. Pasalnya, tempat yang awalnya hanya bumi perkemahan ini menawarkan panorama yang memukau dari ketinggian. Jika kamu beruntung dengan cuaca disana, kamu bisa melihat cantiknya Gunung Ciremai.

9. Ciboer Pas

Lagi-lagi Majalengka menjadi daerah yang kaya destinasi wisata untuk cuci mata. Adalah Ciboer Pass yang lokasinya searah dengan Curug Cipeuteuy ini menyuguhkan terasering pesawahan yang tidak kalah menarik seperti di Panyaweuyan.

Jika tertarik, direkomendasikan untuk mengunjungi kawasan ini bersama keluarga untuk sekadar bercengkrama dan makan bersama ditemani alunan alam yang menenangkan.

10. Jembar Waterpark

Kalau ingin mengajak si kecil untuk mengisi liburan singkat, dan dekat perkotaan, maka kami rekomendasikan untuk berlibur di Jembar Waterpark

Kawasan ini buka setiap hari, dan mematok harga yang cukup terjangkau. Disana bisa mengisi waktu untuk bermain air dengan keluarga dalam mengisi masa liburan. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wisata

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top