Kunjungan Wisman di Pantai Pandawa Bali Merosot

Penurunan kunjungan wisatawan asing ke Pantai Pandawa membuat pelaku usaha menciptakan terobosan-terobosan baru.
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 11 Maret 2020  |  20:38 WIB
Kunjungan Wisman di Pantai Pandawa Bali Merosot
Pantai Pandawa di bali - Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR - Penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia berimbas pada penurunan jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara, termasuk di objek wisata Pantai Pandawa Bali.

Manager Pengelola Pantai Pandawa Bali Wayan Kasim mengatakan pada Februari 2020 jumlah kunjungan wisman turun 40 persen dari bulan sebelumnya menjadi 119.778 pengunjung atau reratanya 4.000 pengunjung.  

"Setelah adanya virus corona kunjungan wisman khususnya China hampir tidak ada ke Pantai Pandawa, tetapi wisman asal Eropa, India, Jepang dan domestik tidak terpengaruh oleh virus ini," katanya saat dikonfirmasi oleh Bisnis.com, Rabu (11/03/2020).

Dengan adanya virus Covid-19 ini Wayan menuturkan pihaknya telah membuat beberapa terobosan untuk menarik minat wisatawan, yakni adanya pandawa Marine Park disini wisatawan dapat menikmati jenis biota laut, belajar menanam karang dengan tambahan nama sendiri, untuk selanjutnya 3 bulan kemudian dapat dilihat langsung pertumbuhan karang yang ditanam. 

"Disamping itu kami juga membuat wisata air lainnya, seperti snorkeling, diving, serta kegiatan mancing di lautan," tuturnya.

Khusus untuk libur lebaran akan ada tambahan permainan anak seperti sepeda gayung. Sementara untuk mengantisipasi wabah virus di Pantai Pandawa, dia menuturkan tidak ada hal khusus yang dilakukan.

Perlu diketahui, dengan adanya penyebaran virus ini di Indonesia, maka dinas kesehatan setempat melakukan pemeriksaan setiap bulan pada tanggal 9, secara gratis terhadap pengusaha, pengunjung maupun karyawan pantai yang dilakukan oleh puskesmas Kuta Selatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, pariwisata, pantai pandawa

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top