Piramida di Mesir/20thcenturymagazine
Travel

14 Tahun Tutup, Piramida di Mesir ini Kembali Dibuka

JIBI
Selasa, 10 Maret 2020 - 16:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah ditutup selama 14 tahun untuk restorasi, piramida Mesir kuno Step Pyramid kembali dibuka.

Step Pyramid of Djoser atau Piramida Djoser dibangun sekitar 4.700 tahun yang lalu. Predikatnya saat ini, adalah monumen batu tertua di Mesir bahkan lebih tua dari Piramida Agung Giza (dibangun sekitar 2560 SM). Demikian dikutip dari CNN.

Piramid itu disebutkan dirancang oleh arsitek Mesir kuno Imhotep. Piramida itu memiliki enam teras batu bertumpuk, yang tingginya mencapai 207 kaki dan merupakan bagian dari kompleks pemakaman Saqqara, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO di luar Memphis.

Bangunan megah ini dibangun untuk menghormati Raja Djoser selama Dinasti Ketiga sebagai tempat peristirahatan terakhirnya. Menurut Business Insider, ruang makam dan sarkofagus Djoser terletak sekitar 90 kaki di bawah tanah dan batu-batu yang tinggi dan bertumpuk dianggap sebagai "tangga menuju surga" bagi raja.  

Menurut Daily Mail, bagian piramida yang asli rusak oleh gempa bumi pada tahun 1992, yang mengakibatkan kerusakan parah. Pada hari Kamis, 5 Maret 2020, piramida dibuka kembali setelah proses restorasi yang panjang.

Pemerintah Mesir mengumumkan bahwa mereka akan menutup piramida untuk merenovasi, mempekerjakan perusahaan teknik Inggris Cintec, yang dipimpin oleh Peter James pada 2006. Pemulihan itu dihentikan sebentar pada tahun 2011 selama revolusi untuk menggulingkan Presiden Hosni Mubarak. Menurut CNN, renovasi itu menghabiskan anggaran mencapai US$6,6 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro