Kuliner

6 Potensi Bahaya Konsumsi Ikan Mentah

Mia Chitra Dinisari
Senin, 9 Maret 2020 - 14:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada tahun 2018, dokter mengeluarkan cacing pita parasit 5 dan setengah kaki dari tubuh seorang pria yang mungkin disebabkan oleh makan sushi yang merupakan makanan mentah. Tetapi apakah kasus ini hanya kebetulan, atau bisakah makanan mentah berdampak buruk pada kesehatan Anda ?

Dr. Tania Dempsey, seorang dokter perawatan primer dan pendiri Armonk Integrative Medicine di Armonk, New York, dan Stella Metsovas, ahli gizi dan penulis "Wild Mediterranean," tentang hal-hal menakutkan yang dapat terjadi pada tubuh Anda ketika Anda secara konsisten makan banyak ikan mentah, dari infeksi cacing parasit hingga listeria.

1. Keracunan merkuri

Mengonsumsi ikan laut dalam jumlah besar, seperti tuna dan yellowtail, dapat menyebabkan keracunan merkuri. "Keracunan merkuri dapat menyebabkan "masalah memori, kelemahan otot, mati rasa dan kesemutan, tremor dan iritabilitas," menurut Dr. Tania Dempsey.

"Semua ikan mengandung kadar merkuri tertentu, tetapi sebagian besar ikan yang digunakan dalam sushi roll dan sashimi adalah ikan besar, seperti tuna, buntut kuning, sirip biru, ikan bass dan lobster, dan mereka memiliki jumlah merkuri tertinggi," Dr Kata Dempsey.

2. Cacing pita

Ada beberapa kasus orang terkena cacing pita karena mengonsumsi ikan mentah.

"Parasit yang sedang naik daun adalah Anasakiasis, atau penyakit cacing herring," kata Dr. Dempsey. "Anisakis menempel pada perut atau usus dan menyebabkan sakit perut akut, muntah, dan demam. Dalam beberapa kasus, itu dapat menyebabkan alergi, reaksi anafilaksis."

3.Listeria

Listeria adalah infeksi serius yang disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi sering ditemukan pada ikan asap dan ikan mentah.
Anda bisa mendapatkan infeksi listeria Ini bisa sangat berbahaya bagi wanita hamil.

"Bakteri patogen seperti Listeria monocytogenes, Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus dapat mendatangkan malapetaka di usus Anda," kata ahli gizi Stella Metsovas kepada Insider. "Bahaya utama dari mengkonsumsi ikan mentah dapat diterjemahkan menjadi penyakit menular yang dapat menyebabkan sakit perut yang parah, mual, dan muntah."

4. Salmonella

Salmonella adalah penyakit bawaan makanan lainnya yang sering ditemukan pada ikan dan daging mentah yang tidak disiapkan dengan benar.

Salmonella adalah bentuk lain dari keracunan makanan yang biasanya dikontrak dengan makan ikan mentah

"Keracunan salmonella juga dapat terjadi dari sushi," kata Dr. Dempsey. "Bahkan infeksi virus seperti norovirus telah dikaitkan dengan makan sushi mentah."

5. Keracunan makanan scombroid

Penyakit bawaan makanan lainnya yang bisa berisiko Anda dapatkan adalah keracunan makanan scombroid.

Makan sushi saat segar dan dingin bukan hanya cara terbaik untuk makan ikan mentah, tetapi juga yang paling aman.

"Keracunan makanan scombroid adalah penyakit lain yang disebabkan oleh makanan yang disebabkan oleh histamin yang terbentuk ketika ikan tidak disimpan cukup dingin dan mulai membusuk," kata Dr. Dempsey. "Kelebihan histamin tidak hancur selama pemanasan dan dapat menyebabkan reaksi alergi dan bahkan anafilaksis."

Sebuah laporan tahun 2008 mencatat bahwa keracunan scombroid menyumbang 38 persen dari semua wabah keracunan makanan terkait makanan laut di Amerika Serikat, menurut Food Safety Watch.

6. Racun buatan manusia

Anda juga bisa membuat diri Anda terpapar racun buatan manusia.

Ada perdebatan di dalam komunitas makanan laut apakah ikan yang dibesarkan di peternakan atau tangkapan liar lebih baik atau lebih sehat untuk Anda. Sementara ikan yang dibesarkan di peternakan tidak akan membawa risiko cacing parasit, mereka akan terpapar racun buatan manusia.

"Paparan racun dari sushi sangat penting," kata Dr. Dempsey. "PCB [senyawa klorin] dan pestisida telah ditemukan mengkontaminasi ikan yang dibesarkan di peternakan serta ikan liar dari Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Ciguatoxins adalah racun yang diproduksi oleh mikroorganisme alga laut yang memengaruhi ikan yang memberi makan di dekat terumbu seperti kakap merah, ikan kerapu, jack, dan barracuda. "

Konsumsi ciguatoxin dalam jumlah besar dapat menyebabkan mual, muntah, diare, diikuti oleh gejala neurologis, dan dalam kasus yang jarang terjadi, halusinasi atau kecemasan.

Pilih ikan yang lebih kecil saat Anda memesan sushi sehingga risiko Anda mengonsumsi kontaminan lebih rendah. Dempsey juga merekomendasikan untuk menanyakan restoran sushi di mana mereka mendapatkan makanan laut mereka. Dia menyarankan untuk menghindari ikan yang dibudidayakan atau ditangkap di dekat terumbu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : insider
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro