Ilustrasi
Travel

Tips Terhindar Tertular Penyakit Ketika Terbang dengan Pesawat

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 6 Maret 2020 - 13:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang berpendapat bahwa udara resirkulasi pada pesawat meningkatkan risiko penyebaran penyakit selama penerbangan.

Ternyata, anggapan itu salah. Karena justru penyebaran kuman lebih disebabkan oleh gerakan manusia di seluruh kabin pesawat daripada yang disebarkan oleh udara resirkulasi.

Itu menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 dalam Prosiding National Academy of Sciences: "Perilaku, gerakan, dan transmisi penyakit pernapasan yang ditularkan oleh tetesan selama penerbangan maskapai lintas benua." demikian bunyi dari penelitian itu.

Temuan itu juga mengungkapkan bahwa untuk menghindari penularan penyakit di dalam pesawat, disarankan untuk duduk di dekat jendela.

"Duduk di kursi jendela berisiko lebih rendah daripada duduk di dekat lorong,"  ujar Vicky Hertzberg, seorang ilmuwan yang bertanggung jawab atas penelitian ini, seperti dikutip dari Insider.com.

Studi ini mensimulasikan transmisi patogen di kabin pesawat untuk menyimpulkan hasilnya.

Dari hasil simulasi itu, studi mencatat bahwa di pesawat dengan 150 penumpang, penumpang yang paling mungkin terinfeksi adalah 11 yang duduk paling dekat dengan orang yang sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : insider.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro