ilustrasi - Wisatawan mengunjungi Pantai Tikus Emas di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung, Selasa (21/3)./Antara-Aloysius Jarot Nugroho
Travel

Pemda Rancang 88 Agenda Pariwisata di Belitung

M. Richard
Jumat, 28 Februari 2020 - 18:39
Bagikan

Bisnis.com, BELITUNG - Pemerintah Kabupaten Belitung menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 400.000 pada tahun ini. Wakil Bupati Kabupaten Belitung Isyak Meirobie menyebutkan sejumlah program disiapkan agar tingkat kunjungan wisatawan ini dapat terealisasi. Kolaborasi pemerintah dan swasta menjadi kunci keberhasilan menggaet wisatawan.

 "Kami cukup yakin dengan 88 festival yang diselenggaran sepanjang tahun ini," kata Isyak, dalam meluncurkan applikasi Peramun Hill yang diinisiasi oleh BCA, Jumat (28/2/2020). Pada tahun lalu wisatawan ke Kabupaten Belitung mencapai 300.000 orang. Jumlah ini turun drastis dari target yang ditetapkan yaitu 600.000 wisatawan. Bahkan, realisasi itu juga turun dari capaian 2018 sebesar 400.000 kunjungan wisata. "Tantangan terberat tahun lalu adalah harga tiket yang melonjak, sehingga berdampak pada kunjungan wisata ke Belitung," ucapnya.

Isyak menyebutkan kolaborasi dilakukan dengan swasta berupa promo tarif. Sementara di sisi pemerintah akan digelar sejumlah kalender wisata sehingga mendongkrak kembali kunjungan wisatawan. "Pemerintah daerah meminta pihak swasta memberi potongan harga, dan sebagai gantinya pemerintah daerah membuat banyak festival," ucapnya.

 Di luar itu, Isyak menjelaskan Belitung juga akan memperluas Bandara Tanjungpandan HAS Hanandjoeddin yang ditujukan untuk meningkatkan kenyamaan kedatangan dan keberangkatan wisatawan.

 "Selain itu, kami juga akan memperbanyak rute internasional kami yang saat ini baru dari Kuala Lumpur."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro