Ilustrasi sushi/wikipedia.org
Kuliner

Menu yang Wajib Dipesan di Restoran Sushi

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 26 Februari 2020 - 12:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Buat pecinta masakan Jepang terutama Sushi, pasti seringkali mencari restoran terbaik mana yang menyajikan menu khas Jepang tersebut.

Sushi berasal dari Jepang dan sekarang menjadi fenomena kuliner global yang dapat dinikmati di seluruh dunia.

Karena sushi adalah hidangan yang beragam pilihan, beberapa restoran yang menyajikannya memiliki menu besar dengan banyak pilihan dan terkadang sulit untuk mengetahui apa yang harus dipesan dan dimakan.

Sebelum Anda pergi ke restoran Jepang, berikut beberapa rekomendasi chef dunia saat memilih menu di restoran Jepang seperti dikutip dari Insider:

1. Sup Miso

Menu yang Wajib Dipesan di Restoran Sushi

Pengunjung harus mulai makan dengan sup miso untuk menilai kualitas restoran. Sup miso adalah makanan pokok dalam masakan Jepang.

Sung Park, master sushi chef di Sake Rok di Las Vegas, mengatakan semangkuk umami ini, merupakan cara yang baik untuk menilai kaliber restoran sushi.

"Jika restoran memiliki sup miso yang enak, biasanya itu merupakan indikator bahwa sushi akan enak juga." kata Park.

Park juga menyebutkan bahwa karena sup miso adalah hidangan yang lebih ringan, mungkin ini merupakan cara yang baik untuk memulai makan jika Anda ingin menghindari terlalu banyak makan.

2. Salad rumput laut

Menu yang Wajib Dipesan di Restoran Sushi

Park menjelaskan bahwa rumput laut adalah pilihan menu yang bagus dan pengunjung di restoran sushi-centric dianjurkan lebih baik memesannya daripada salad biasa.

"Rumput laut adalah makanan pokok lain dalam masakan Asia. Jika Anda sepenuhnya menjelajahi budaya, saya sarankan memesan salad rumput laut di atas sayuran hijau karena itu bergizi dan lezat," kata Park.

Beberapa restoran sushi juga menawarkan potongan rumput laut kering yang diberi garam dan gula, yang bisa menjadi cemilan sebagai hidangan pembuka.

3.  Wasabi Tobiko

Menu yang Wajib Dipesan di Restoran Sushi

Chris Royster, koki eksekutif di Flagstaff House Restaurant dan pemenang Food Network's "Chopped," mengatakan bahwa pesanan pendamping sushi terbaik adalah wasabi tobiko dengan telur puyuh.

Wasabi tobiko adalah kaviar berwarna hijau yang sering ditemukan di atas gulungan sushi dan nigiri tertentu. Persiapan khas wasabi tobiko dengan telur puyuh memiliki kuning telur mentah yang terletak di tempat tidur kaviar, yang dibungkus dengan selembar rumput laut.

"Saya selalu mendapatkan hidangan ini, karena itu salah satu favorit saya. Hidangan ini terbuat dari kuning telur krim yang kaya dengan telur ikan pedas. Kombinasi yang banyak diabaikan, dan akan menjadi kesalahan untuk dilewatkan," kata Royster.

4. Uni atau bulu babi

Menu yang Wajib Dipesan di Restoran Sushi

Uni, yang merupakan bagian yang dapat dimakan dari babi laut, dan menambah kesegaran pada sushi.

"Rasa yang didapat tetapi, dan membuat gigitan sushi terbaik yang mungkin Anda miliki. Mereka bahkan dianggap sebagai afrodisiak tradisional," kata Royster.

5. Makarel

Menu yang Wajib Dipesan di Restoran Sushi

Royster mengatakan makarel di restoran sushi juga salah satu yang harus dipesan karena memperkaya rasa.  Dengan dagingnya yang lembut, rasa yang indah dan besar, menjadi salah satu pilihan yang bisa memanjakan lidah Anda.

6. Sushi ikan segar

Menu yang Wajib Dipesan di Restoran Sushi

Kiyo Ikeda, penduduk asli Tokyo dan kepala koki dari Umi Sushi & Oyster Bar di California Selatan, mengatakan bahwa pengunjung harus selalu memilih sushi yang dibuat dengan ikan yang ditangkap secara lokal jika memungkinkan.

"Mencoba ikan lokal ke daerah meningkatkan kemungkinan ikan itu sangat segar. Sepertinya tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk sampai ke restoran untuk disiapkan dan disajikan," kata Ikeda.

7. Hindari tempura

Menu yang Wajib Dipesan di Restoran Sushi

Makanan ini mungkin paling cocok di lidah orang Indonesia. Tetapi chef justru tidak menyarankan untuk memesannya ketika berada di restoran sushi,

Alasannya karena hidangan ini tidak selalu segar atau ringan.

8. Telur dadar dengan nasi (vegetarian)

Menu yang Wajib Dipesan di Restoran Sushi

Menu sushi kadang-kadang bisa sulit dicerna jika Anda tidak makan ikan, tetapi mereka yang vegetarian bisa memesan menu nasi dibalut dengan telur dadar yang dikombinasikan dengan asparagus, mentimun, kecambah, wortel, daikon, dan sejumlah bahan beraroma lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : insider
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro