Jewel Changi Airport/architecturaldigest
Travel

5 Bandara dengan Daya Tarik Unik Wisata

JIBI
Senin, 24 Februari 2020 - 09:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meningkatnya jumlah penumpang pesawat membuat kenyamanan bandara menjadi prioritas.

Seiring waktu, kini bandara bukan sekadar tempat singgah pelancong sebelum terbang hingga tempat tujuan.

Bandara juga bisa menjadi tempat yang memikat untuk berwisata. Di tempat ini tersedia berbagai fasilitas untuk bersantai hingga area bermain anak. Ditambah lagi konstruksi dan interior bandara memiliki ciri khas yang berbeda, sehingga cocok buat berfoto.

Berikut lima bandara yang memiliki daya tarik untuk menjadi destinasi wisata:

Bandara Changi

5 Bandara dengan Daya Tarik Unik Wisata

Bandara Internasional Changi di Singapura menjadi tempat lalu larang masyarakat dunia. Mengutip laman The Travel, Bandara Internasional Changi menjadi pelabuhan udara paling mengesankan menurut Skytrax. Jika deretan pertokoan, kedai kopi, dan gerai makanan sudah menjadi pemandangan biasa di bandara udara, Bandara Changi memiliki fasilitas yang berbeda, misalnya bioskop, taman kupu-kupu, taman bunga matahari, dan kolam renang.

Pada 2019, The Straits Times melaporkan Bandara Changi dinobatkan sebagai bandara terbaik dunia selama tujuh tahun berturut-turut berdasarkan survei global oleh Skytrax. Survei itu melibatkan lebih dari 13 juta pelancong. Bandara Changi juga dianggap sebagai pelabuhan udara terbaik di Asia dan dunia untuk fasilitas kenyamanan.

Bandara Internasional Heydar Aliyev

5 Bandara dengan Daya Tarik Unik Wisata

Keunikan Bandara Internasional Heydar Aliyev, Baku, Azerbaijan adalah penataan interior kayu yang digambarkan sebagai kepompong di tingkat atas bandara. Kepompong kayu itu dirancang oleh studio arsitektur Turki, Autoban. 

Bandara Internasional Daixing

5 Bandara dengan Daya Tarik Unik Wisata

Bandara Internasional Daxing, Beijing, Cina adalah pelabuhan udara terbesar dunia. Bandara ini memiliki luas terminal 700 ribu meter persegi. Kemewahan Bandara Daxing bersaing dengan Bandara Changi ihwal desain dan sejumlah fasilitas. Berbagai kuliner, seperti ramen, pangsit, teh, dan kopi tersedia di sana. Bandara ini juga dilengkapi taman yang indah. 

Bandara Samui

5 Bandara dengan Daya Tarik Unik Wisata


Bandara Samui terletak di Pulau Koh Samui, dekat Pantai Bo Phut, Thailand. Bandara ini lebih kecil dari kebanyakan bandar udara. Meski begitu, interiornya begitu unik karena terbuat dari kayu palem dan rotan. Desainnya terbuka dan mencerminkan suasana alam di sekitarnya. Ruang keberangkatan menampilkan konsep lobi dan restoran. 

Bandara Internasional Denver

5 Bandara dengan Daya Tarik Unik Wisata

Bandara Internasional Denver di Colorado, Amerika Serikat, menerapkan desain interior yang meniru Pegunungan Rocky. Para arsitek membuat tenda putih untuk memberi daya pikat saat matahari terbit maupun terbenam. Struktur tenda seperti Pegunungan Rocky yang tertutup salju. Meski demikian, ada juga yang menganggap tenda itu mirip tipi (tepees). Bandara ini memiliki kafe, bar, kios, serta area bermain anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro