Pendiri SpaceX Elon Musk. /Reuters
Travel

Tur Keliling Bumi di Luar Angkasa, Siapa Mau?

Newswire
Jumat, 21 Februari 2020 - 06:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa yang berminat untuk keliling bumi di luar angkasa?

SpaceX berencana membuat tur untuk empat orang keluar angkasa untuk melakukan perjalanan keliling bumi sekitar akhir 2021 atau pada awal 2022.

Perusahaan transportasi luar angkasa milik Elon Musk itu mengumumkan kerjasama dengan agen wisata luar angkasa, Space Adventure, lansir The Verge, Selasa (18/2).

Space Adventures tidak mengungkap harga misi tersebut, dan kedua perusahaan itu tidak memiliki rincian lebih lanjut, seperti persiapan yang harus dilakukan wisatawan.

Sebelumnya, Space Adventures berhasil membantu tujuh orang melakukan perjalanan ke (dan dari) International Space Station (ISS) dengan menaiki roket dan pesawat ruang angkasa Soyuz milik Rusia.

SpaceX dan Space Adventures mengatakan bahwa para wisatawan akan terbang dengan pesawat ruang angkasa Dragon versi yang dapat digunakan oleh manusia milik SpaceX, dan akan mengorbit Bumi kira-kira dua hingga tiga kali 250 mil dari ketinggian ISS.

SpaceX telah menghabiskan beberapa tahun terakhir membangun dan menguji versi baru dari pesawat ruang angkasa Dragon.

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari kontrak dengan NASA untuk membawa astronot ke dan dari ISS, setelah bertahun-tahun menggunakan pesawat ruang angkasa untuk mengangkut kargo ke ISS.

SpaceX baru-baru ini menyelesaikan uji penerbangan kedua dari Crew Dragon, yang menguji kemampuan kapsul untuk melepaskan diri dari roket yang meledak.

Sebelumnya, CEO SpaceX, Elon Musk, pernah menggagas pariwisata ruang angkasa sebagai bisnis baru.

Pada 2017, SpaceX pernah mengumumkan telah menerima pembayaran, yang tidak diungkapkan jumlahnya, dari dua pelanggan untuk berkeliling Bulan menggunakan Crew Dragon dan roket Falcon Heavy. Pada saat itu, SpaceX mengatakan perjalanan wisata itu akan terjadi pada akhir 2018.

Pada September 2018, SpaceX mengumumkan berniat untuk mengirim salah satu penumpang tersebut yaitu miliarder Jepang Yusaku Maezawa untuk mengelilingi Bulan menggunakan Big Fcon Rocket, yang belum dibuat SpaceX.

Maezawa berencana untuk memulai perjalanan ke Bulan pada awal 2023. Sementara itu, belum jelas apa yang terjadi pada pelanggan kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro