Tips Membeli Tiket Kereta Mudik Agar Tidak Kehabisan

Meski lebaran masih beberapa bulan lagi, namun banyak pemudik yang sudah mencari tiket pulang kampung sejak hari ini.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 13 Februari 2020  |  14:42 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Meski lebaran masih beberapa bulan lagi, namun banyak pemudik yang sudah mencari tiket pulang kampung sejak hari ini.

Lebaran memang menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga sekaligus liburan. Jadi, tak heran jika penjualan tiket transportasi, khususnya kereta, selalu dinantikan bahkan sejak jauh-jauh hari.

Nah, untuk Anda yang ingin mudik naik kereta api harap bersiap-siap. Mengapa? Karena tiket kereta api Lebaran 2020 yang akan jatuh pada bulan Mei mendatang ternyata sudah bisa Anda pesan mulai tanggal 14 Februari, pukul 00.00 WIB.

Besarnya antusias masyarakat soal mudik Lebaran biasanya mengharuskan Anda untuk 'berperang' saat membeli tiket. Bagi Anda yang berencana memesan tiket kereta mudik secara online, berikut beberapa jurus dari Pegipegi :

Simpan Tabel Jadwal Pemesanan

Agar lebih mudah atau tidak kebingungan pada saat memesan tiket, Anda bisa menyimpan Tabel Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api di atas, lalu mencetak dan meletakkannya di lokasi yang aman (misalnya; tempel di laptop).

Atau, pasang alarm di smartphone kesayangan Anda pada tanggal yang diinginkan. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah menyesuaikan jadwal dengan rencana perjalanan Anda. Jika perlu, bagikan juga jadwal tersebut sebagai informasi ke keluarga atau kerabat yang juga ingin melakukan perjalanan mudik.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Hal selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah mengecek kestabilan koneksi internet. Ini akan memudahkan Anda untuk melakukan transaksi tanpa gangguan. Pastikan Anda memiliki sinyal internet, kuota, atau manfaatkan Wi-Fi untuk koneksi yang lebih terjamin. Jangan lupa untuk langsung bersiap-siap sebelum pukul 00.00 WIB setiap harinya biar tidak kehabisan.

Lakukan Pemesanan Melalui Channel Resmi

Selain melakukan pemesanan tiket mudik melalui KAI, Anda juga bisa memilih channel resmi lainnya seperti agen travel online terpercaya, salah satunya Pegipegi. Dengan memiliki alternatif tempat pemesanan tiket, Anda juga akan dimudahkan apabila situs resmi KAI mengalami gangguan. Manfaatkan juga promo menarik yang banyak ditawarkan oleh agen travel online tersebut untuk membantu meminimalisir pengeluaran Anda.

Siapkan Tanggal Keberangkatan Alternatif

Perlu diingat bahwa ada ribuan hingga jutaan orang lainnya yang melakukan pemesanan tiket dalam waktu bersamaan dengan Anda. Karena itu, siapkan tanggal keberangkatan alternatif jika tiket untuk tanggal yang Anda pilih sebelumnya sudah habis. Selain tanggal, Anda juga bisa menyiapkan rute alternatif meski harus melakukan transit jika benar-benar kehabisan tanggal keberangkatan.

Pilih Metode Pembayaran yang Cepat

Setelah berhasil memilih tanggal dan rute, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pembayaran. Untuk memudahkan Anda, pilihlah metode pembayaran cepat. Misalnya pembayaran dengan virtual account melalui mobile banking atau kartu kredit. Jangan lupa siapkan nomor pembayaran dan kartu kredit sebelum melakukan pemesanan untuk mempercepat transaksi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kereta api

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top