Ilustrasi/Reuters
Travel

5 Tips Liburan Aman dan Menyenangkan

Nirmala Aninda
Rabu, 12 Februari 2020 - 15:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Wabah virus corona yang merebak luas dalam beberapa pekan terakhir terjadi di luar perkiraan. Tak hanya memakan korban, wabah ini juga membebani sejumlah sektor vital, salah satunya adalah pariwisata.

Sebagian besar turis berpikir dua kali sebelum bepergian untuk berlibur atau urusan pekerjaan, bahkan beberapa negara mengeluarkan larangan bepergian, tidak hanya berlaku untuk destinasi China namun juga beberapa negara lain yang terdampak wabah.

Tapi, bagaimana jika kita sudah terlanjur membeli tiket pesawat maupun penginapan? Membatalkan tiket atau akomodasi sudah pasti akan menyebabkan kerugian material, tetapi wisatawan tetap dapat melanjutkan perjalan asalkan tetap memperhatikan beberapa hal penting.

Penyedia rental wifi, JavaMifi, merangkum lima tips agar bepergian ke luar negeri tetap bisa kita jalankan dengan aman dan nyaman disaat wabah melanda.

“Berlibur ke luar negeri harusnya menjadi penawar rasa lelah setelah beraktivitas rutin sehari- hari, maka penting bagi kita mempersiapkan diri dengan baik supaya liburan justru tidak berbahaya bagi kesehatan," ujar Andintya Maris, Founder JavaMifi, melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (12/2).

Berikut langkah-langkah yang bisa diterapkan agar rencana perjalanan Anda tetap aman dan nyaman:

1. Hindari hoax, cari informasi yang benar

Pastikan setiap informasi yang Anda dapatkan berasal dari sumber yang kredibel. Hal utama yang perlu dilakukan adalah mengecek kondisi terkini paparan wabah virus di negara tujuan, apakah masih cukup aman untuk dikunjungi atau justru berisiko tinggi.

2. Gunakan masker saat berada di area publik

Saat berada di tengah keramaian terutama spot yang dipenuhi turis, sebaiknya selalu menggunakan masker. Beberapa arahan menganjurkan penggunaan masker N95 yang dapat mencegah terhirupnya virus dan partikel halus.

5 Tips Liburan Aman dan Menyenangkan

Warga menggunakan masker untuk menghindari virus corona./reuters

3. Hindari banyak kontak fisik di area publik

Bawa barang-barang penting yang akan sering digunakan sepanjang perjalanan seperti botol minum, alat makan, dan makanan ringan guna meminimalisir kontak fisik di area publik.

4. Istirahat yang cukup
Waktu yang terbatas saat berlibur seringkali memaksa kita mengunjungi banyak tempat tanpa memedulikan kondisi tubuh. Pastikan tubuh tetap fit dengan makan makanan bergizi serta tidur minimal 6 jam dalam satu hari selama berada di negara tujuan.

5 Tips Liburan Aman dan Menyenangkan

Istirahat cukup akan membuat tubuh lebih segar./ilustrasi

5. Perhatikan kesehatan tubuh

Memastikan kondisi tubuh agar tetap sehat sejak sebelum berangkat maupun setelah kepulangan dari luar negeri sangat penting. Siapkan obat-obatan darurat pribadi dan konsumsi vitamin sebelum bepergian.

Apalagi dengan kondisi virus yang belum bisa dikendalikan, tak ada salahnya melakukan langkah antisipasi dengan vaksin. Proteksi tambahan juga dapat dilakukan dengan mendapatkan asurasi kesehatan selama perjalanan.

“Wabah virus corona tentunya sangat berdampak ke industri pariwisata. Kami berharap kondisi ini dapat segera reda dan pariwisata inbound maupun outbound dapat segera pulih kembali,” tutup Andintya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro