Ilustrasi/Wikipedia
Travel

Virus Corona: Kapal Pesiar MS Artania Diminta Tak ke Sabang Dulu

Rayful Mudassir
Rabu, 12 Februari 2020 - 17:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh, meminta kedatangan Kapal Pesiar MS Artania Cruise ditunda seiring merebaknya serangan virus Corona di berbagai negara.

Wali Kota Sabang Nazaruddin mengeluarkan surat penundaan kedatangan kapal itu kepada Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS).

Surat bernomor 556/0933 itu menjelaskan tentang rencana kedatangan MS Artania Cruise yang mengangkut 1.200 penumpang pada 16 Februari 2020.

Waspada virus Corona yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia (WHO), menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat sekitar.

“Untuk sementara waktu agar kedatangan kapal pesiar dari luar negeri ditunda sementara sampai wabah virus Corona dinyatakan sudah aman oleh WHO,” tulis Nazaruddin dalam surat tersebut, Rabu (12/2/2020).

Upaya tersebut kata dia untuk meminimalisir risiko penularan virus Corona di masyarakat, juga untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Pemerintah kota juga memiliki tanggung jawab untuk kesehatan masyarakat di wilayah itu.

Selama beberapa tahun terakhir Sabang acap menjadi persinggahan kapal pesiar. Kunjungan ini mendatangkan dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Sabang. Virus Corona menyebabkan pemerintah setempat mewaspadai kedatangan turis dari kapal pesiar.

Penyebaran virus Corona turut menimbulkan kekhawatiran di kapal pesiar. Terakhir, Pemerintah Jepang melakukan observasi terhadap seluruh penumpang dan kru Kapal Pesiar Diamond Princess saat mengunjungi negara itu.

Dari observasi tersebut 78 WNI yang menjadi kru kapal tersebut ikut dikarantina. Hasilnya seluruh awak kapal yang berasal dari Indonesia dinyatakan negatif Corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro