Resep Membuat Ram-don, Makanan Golongan Elit di Film Parasite

Salah satu adegan penting dalam film tersebut memperlihatkan karakter Kim Chung-sook (diperankan oleh Chang Hyae-jin) sedang membuat makanan Ram-don untuk keluarga Park.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  10:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Film Parasite (2019) asal Korea Selatan membuat kejutan dengan keluar sebagai pemenang kategori Best Picture Oscar 2020.

Salah satu adegan penting dalam film tersebut memperlihatkan karakter Kim Chung-sook (diperankan oleh Chang Hyae-jin) sedang membuat makanan Ram-don untuk keluarga Park.

Dalam film, pembuatannya digambarkan menggunakan mie kacang hitam instan dan mie pedas seafood yang dibuat oleh merek mie yang paling terkenal di Korea Selatan.

Ram-don sendiri merupakan singkatan dari ramyeon dan udon, sebenarnya memiliki nama asli makanan yang disebut jjapaguri.

Berikut ini adalah resep membuat Ram-don rumahan dari seorang juru masak asal Korea Selatan, Yoonjin Whang seperti dikutip The Hollywood Reporter, Rabu (12/2).

Bahan yang perlu di siapkan :

Minyak sayur (2 sendok makan)

Cabai merah atau gochujang (1 sendok teh)

Kecap asin (2 sendok teh)

Pasta kacang hitam (1 sendok makan)

Gula merah (1 sendok teh)

Saus prem (1 sendok teh)

Saus ikan (1 sendok teh)

Minyak wijen panggang (1 sendok teh)

Tahapan memasak :

1. Panaskan 2 sendok makan minyak sayur dalam wajan.

2. Tambahkan daun bawang cincang, bawang putih cincang, dan pasta cabai merah. Masak di atas api sedang, hingga daun bawang lunak.

3. Tambahkan sayuran yang diinginkan (misalnya irisan wortel, brokoli, atau jamur). Tumis 3 sampai 5 menit, sampai matang.

4. Tambahkan protein yang diinginkan. Masukkan kecap, pasta kacang hitam, gila merah, saus pren, dan saus ikan. Aduk hingga merata.

5. Masak mie udon dalam panci air mendidih selama 30 detik. Buang air rebusan lalu masukkan mie ke dalam wajan.

6. Masak bumbu dan mie di wajan dengan api besar hingga semuanya tercampur, waktu sekitar 2 sampai 3 menit.

7. Tambahkan lada sedang, keripik bawang puting goreng, atau daun bawang tambahan. Taburi dengan biji wijen dan minyak wijen panggang. Hiasi dengan topping lain yang diinginkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kuliner

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top