Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gurihnya Bakwan Pontianak untuk Si Pecinta Gorengan

Bagi Anda yang berada di Jakarta, apakah rindu dengan citarasa khas Pontianak? Jika demikian tak ada salahnya Anda mampir ke Jalan Kebon Kacang Raya, tepatnya di dekat Grand Indonesia Mall.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  09:42 WIB
Bakwan Pontianak -
Bakwan Pontianak -

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang berada di Jakarta, apakah rindu dengan citarasa khas Pontianak? Jika demikian tak ada salahnya Anda mampir ke Jalan Kebon Kacang Raya, tepatnya di dekat Grand Indonesia Mall.

Disana Anda bisa menemukan sebuah warung kecil yang menjual kudapan bakwan khas Pontianak. Sekilas bentuknya sama dengan kudapan serupa yang disebut weci di Malang dan ote-ote di Surabaya.

Namun, bakwan ini sedikit berbeda karena isiannya berupa udang rebon yang dipadukan dengan daun kucai. Tak lupa ada sambal asam manis khas Pontianak sebagai pelengkapnya.

Daun kucai inilah yang menjadi kunci kenikmatan dari bakwan khas Pontianak. Kucai, atau bawang kucai serta daun kucai, berasal dari Bahasa Hokkian, "Kú-chhài". Penggunaannya umum dalam masakan Tionghoa.

Warung bakwan pontianak milik pasangan suami istri Dwi dan Santi ini mendadak ramai setelah akun Twitter @drhaltekehalte mencuit kembali (retweet) informasi keberadaan warung tersebut dari salah satu pengikutnya. Bakwan dengan harga paket Rp10 ribu per 5 potong itu menjadi buruan mereka yang rindu dengan bakwan lawit di Pontianak.

Sebagai catatan, Dari Halte ke Halte yang hadir di Twitter lewat akun @drhaltekehalte dan Instagram @darihalte_kehalte selama ini menjadi rekomendasi masyarakat Jakarta, terutama kaum muda saat mencari makanan atau minuman yang berada di sekitar titik naik turun angkutan umum. Kebanyakan diantaranya adalah makanan minuman yang dijajakan oleh pedagang kaki lima dengan cita rasa yang tak bisa dianggap remeh.

"Kalau ditanya jajanan apa yg lagi sering banget HalteMin beli, jawabannya Bakwan Pontianak. Warung resik hijau toska ini berada di Jl. Kebon Kacang Raya, 400 m dr Halte/MRT Bundaran HI. Jam 1 nanti buka sampai jam 10 malam. Harganya Rp10K/5 potong. Cobain, deh. #darihaltekehalte ," demikian salah satu cuitan dari akun Twitter @drhaltekehalte terkait bakwan pontianak di Jalan Kebon Kacang Raya.

Sejak diunggah ke media sosial dan direspon oleh ribuan pengikut akun Dari Halte ke Halte, baik di Twitter maupun Instagram, warung bakwan pontianak milik Dwi dan Santi mendadak ramai. Tak jarang pembeli harus menunggu terlebih dahulu adonan kembali disiapkan atau warung tutup lebih awal.

Demikian halnya saat Bisnis.com mengunjungi warung tersebut, beberapa orang pembeli rela menunggu adonan bakwan disiapkan sebelum nantinya digoreng.

Jika, tak bisa menyempatkan waktu untuk mampir jangan sedih. Karena ternyata warung bakwan pontianak ini hadir di layanan pesan antar makanan salah satu ojek daring. Jadi, Anda bisa tetap beraktivitas sambil menunggu kudapan nikmat ini sampai ke meja Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gorengan kambing yoyo
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top