Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menjelajah Panorama Alam Kintamani

Hawa sejuk langsung terasa saat tiba di Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang, Bali. Dataran tinggi ini menyajikan hamparan alam menakjubkan dengan perpaduan danau bersama gunung di sekitarnya.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 10 Februari 2020  |  20:30 WIB
Pemandanga Danau Batur, Kintamani, Bali. Foto: Rayful Mudassir
Pemandanga Danau Batur, Kintamani, Bali. Foto: Rayful Mudassir

Bisnis.com, JAKARTA -- Hawa sejuk langsung terasa saat tiba di Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang, Bali. Dataran tinggi ini menyajikan hamparan alam menakjubkan dengan perpaduan danau bersama gunung di sekitarnya.

Taman Wisata Alam Gunung Batur terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Lokasi ini mencakup beberapa desa seperti Desa Songan, Kedisan, Batur Selatan, Batur Utara dan Batur Tengah.

Jika dibandingkan dengan spot wisata seperti Ubud, Kintamani memang masih kalah pamor. Lokasi yang tergolong jauh dari Denpasar menjadi salah satu alasan. Padahal spot ini cukup menarik untuk dikunjungi.

Untuk menuju ke Kintamani, memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Denpasar menggunakan kendaraan. Anda bakal melintasi jalanan berkelok, menurun serta menanjak untuk menuju lokasi ini.

Jika menggunakan kendaraan, tidak disarankan untuk melakukan perjalanan saat malam hari. Saya dan teman-teman nyaris terjerumus ke jurang saat akan melakukan perjalanan pada malam hari menuju lokasi ini.

Jarak pandang ke badan jalan tidak kurang dari 5 meter. Beberapa kali kami harus berhenti untuk memastikan arah jalan ke kiri atau ke kanan. Lampu mobil bahkan tak banyak membantu. Hanya menambah kabur pandangan. Sedikit keliru, bukan tidak mungkin kendaraan bisa terjerembap ke jurang. 

Namun saat siang hari, perjalanan terasa cukup menyenangkan. Meski berkelok dan bergelombang, pelancong dapat melihat pemandangan alam di sisi kiri dan kanan jalan. Terlebih saat mendekati Gunung Batur, pertanian warga turut menjadi pemandangan menarik.  

Syukurnya kami tiba di lokasi penginapan dengan aman. Perjalanan yang sempat mencekam akhirnya mereda saat tiba di tempat istirahat. 

Kintamani menawarkan pengalaman wisata alam tidak kalah menarik dibandingkan dengan beberapa spot pantai di Bali. Pengalaman menjajal gunung dan danau menjadi salah satu keunggulan kawasan ini/Rayful Mudassir

Sebagai spot yang menawarkan wisata alam, Kintamani memiliki ragam wahana. Mulai dari Jeep, danau, pemandian air panas hingga pendakian gunung ada dalam satu kawasan. 

Biasanya turis luar negeri menyukai pendakian yang ada di Kintamani. Mereka melakukan perjalanan sejak dini hari menuju ke puncak Gunung Batur. Sebagian lainnya lebih dulu mengelilingi Danau Batur, baru melanjutkan pendakian. 

Warga sekitar menyediakan fasilitas mudah untuk menuju puncak Batur. Yaitu dengan menunggangi Jeep. 

Sejak pukul 5 pagi para pengemudi Jeep telah bersiap mengantarkan Anda ke puncak Batur. Pastikan saat itu Anda telah terjaga dan bersiap berangkat.  Semakin molor menuju ke puncak, maka kesempatan melihat matahari terbit kian sempit.

Perjalanan menuju ke puncak Batur setidaknya memakan waktu 1 jam lebih menggunakan Jeep. Perjalanan dimulai dalam kondisi gelap. Akan tetapi pelancong akan tiba di titik akhir saat rona biru gelap langit mulai terlihat dari arah timur.

Pelancong harus berjalan kaki untuk mencapai puncak dengan jarak sekutar 2 kilometer hingga 3 kilometer/Rayful Mudassir

Setelah tiba di titik pemberhentian, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 2 – 3 kilometer. Jarak ini tidak begitu terasa jika dilakukan bersama teman perjalanan. Di titik awal bahkan masih terlihat beberapa rumah warga.

Tanjakan juga tidak terlalu berat. Jalan curam hanya terasa saat sekitar 500 meter sebelum tiba di puncak gunung. Dari atas puncak, Anda akan melihat pemandangan alam menakjubkan di sekelilingnya.

Sambil menyeruput kopi khas Kintamani dari puncak gunung, Anda dapat melihat gunung lainnya. Dua gunung terdekat yang terlihat dari Batur adalah Gunung Agung dan Gunung Abang. 

Jika beruntung, bukan tidak mungkin Anda akan melihat Gunung Rinjani dari Kejauhan di arah timur, di pulau seberang.

Setelah gunung, tidak ada salahnya juga menjajal Danau Batur menggunakan Kano. Salah satu resort di lokasi itu menyediakan fasilitas tersebut berikut pemandian air panas alami di sana.

Air panas berasal dari hawa belerang yang ada di Kintamani. Lokasinya berada di Desa Batur Tengah. Resort ini berdekatan dengan jalan utama menuju Gunung Batur. Bila ke Bali, sempatkan juga menapaki panorama alam di Kintamani, Bali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top