Soto berizi daging dengan campuran mihun mampu menghangatkan tubuh saat musim hujan./istimewa
Kuliner

Hujan, 5 Makanan Berkuah Pedas Gurih Ampuh Hangatkan Tubuh

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Jumat, 7 Februari 2020 - 17:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saat memasuki musim hujan, perasaan dingin akan meningkatkan hasrat lapar. Apalagi, saat musim penghujan makanan juga berfungsi memberi daya tahan tubuh lebih kuat agar tak cepat sakit.

Tak heran, jika memasuki musim penghujan banyak orang akan mencari makanan yang bisa menghangatkan tubuh dan menyegarkan. Berikut 5 makanan yang perlu kamu cari ketika lapar menyerang di tengah hujan.

1. Bakso

Daging bulat seperti bola dengan kuah kaldu, memberi rasa hangat pada tubuh yang sedang kedinginan di tengah hujan. Apalagi jika anda menyantapnya dengan sambal dan daun bawang untuk mengharumkan kuah.

Bakso juga memiliki sejumlah jenis, ukuran, hingga racikan. Bagi yang gemar makan telur, anda bisa makan bakso telur puyuh. Sebaliknya, buat yang suka makan daging, bakso urat salah satu pilihan yang tepat.

2. Soto

Makanan berkuah berikutnya yang bagus untuk menangkis dingin adalah soto. Makanan satu ini juga punya ragam jenis, misalnya; soto Kudus, soto Betawi, soto ayam, hingga soto daging.

Soto juga punya ragam modifikasi dengan campuran mihun, serta sayur-sayuran seperti kol putih. Jangan lupa bawang goreng, daun bawang, dan sambal atau kecap diracik sesuai selera.

3. Makaroni Kuah

Nah, buat yang bingung saat hujan tak bisa pesan antar bakso atau soto, anda bisa meracik sendiri makaroni kuah di kantor atau di rumah. Persis seperti memasak sok sayuran, anda punya kebebasan untuk memilih apa saja sayuran yang hendak anda santap bersama makaroni. Misalnya saja; wortel, buncis, atau kentang. Anda bisa menambahkan protein seperti sosis dan bakso ke dalam rebusan makaroni kuah.

4. Mie Godog

Mie godog sejatinya sejenis dengan mie rebus biasa. Namun mie godog adalah salah satu makanan khas Jawa yang cocok disantap saat hujan. Bagaimana tidak, kuah mie yang panas, dengan sayuran sejenis toge dan seledri akan memberi rasa yang hangat ke dalam tubuh.

5.  Gulai

Aneka resep gulai tersebar di seluruh Indonesia. Sebut saja, gulai kambing dan gulai ayam. Salah satu tips menikmati gulai dengan kuah santan ini adalah dengan nasi. Tambahkan dengan tetesan jeruk nipis. Dengan kuah gulai yang masih panas dan nasi, dijamin perut yang tengah keroncongan saat dingin bisa puas usai menyantap gulai.

Demikian 5 jenis makanan yang perlu kamu nikmati saat hujan. Jika lapar menerjang kala hujan menerjang anda bisa pilih satu dari lima jenis makanan nikmat ini. Selamat mencoba!

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro