Tips Liburan Murah di Malaysia, Modal Cuma 100 Ringgit

Libura ke luar negeri dengan biaya yang murah adalah impian banyak orang. Dibutuhkan tips dan trik yang cerdas untuk liburan hemat ke luar negeri.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  15:06 WIB
Tips Liburan Murah di Malaysia, Modal Cuma 100 Ringgit
Tips liburan hemat ke luar negeri (Ilustrasi - Tripdesigners)

Bisnis.com, JAKARTA—Berlibur ke luar negeri tak selamanya harus punya tabungan banyak. Negara tetangga menjadi tujuan wisata yang menggiurkan dengan modal yang terbatas bisa dicoba, asal mengatahui triknya.

Salah satu negara dengan ongkos murah adalah Malaysia. Selain harga tiket, biaya hidup seperti makan dan belanja, masih sangat terjangkau dan hampir sama dengan Jakarta.

Hanya dengan modal 100 ringgit Malaysia atau sekitar Rp330.000 (kurs Rp3.300/ringgit), maka Anda dapat melakukan banyak hal termasuk makan, jalan-jalan serta menginap di hotel budget semalam. 

Dibutuhkan tips dan trik untuk berwisata hemat ke luar negeri. Pertama, lakukanlah pemesanan tiket saat dini hari. Bila anda tiba saat pagi hari, maka waktu akan semakin banyak untuk mengunjungi lokasi wisata di Malaysia. 

Sebagai informasi, penerbangan Air Asia bakal mendarat di Bandara KLIA2. Sedangkan pesawat internasional lainnya akan tiba di KLIA 1. Kedua bandara ini tak banyak berbeda.

Pelancong dapat memilih pesawat mana saja. Sebab yang terpenting adalah transportasi menuju Kuala Lumpur. Di kedua bandara, otoritas Malaysia menyediakan angkutan kereta ke KL Sentral di pusat kota.

Nah berhubung uang Anda hanya 100 ringgit, maka hindari menggunakan moda transportasi ini. Karena harganya bisa 55 ringgit sekali jalan. Kedua, lebih baik menggunakan bus. Berjalanlah ke luar bandara dan temukan bus dengan kualitas bagus.

Harga bus di luar Bandara sangat bervariasi, sekitar 12 ringgit—15 ringgit. Perjalanan biasanya memakan waktu 1 jam, atau hanya selisih 15 menit dengan commuter. 

Ketiga, pilihlah makan siang di foodcourt bandara. Lapak pedagang menengah lebih mudah ditemukan di KLIA1. Sedangkan KLIA 2 hanya restoran cepat saji dan toko lainnya. Harganya juga terjangkau 10 ringgit-20 ringgit.

Seandainya, anda telah menghabiskan 15 ringgit untuk makan siang di bandara dan 15 ringgit untuk naik bus. Uang tersisa tinggal 70 ringgit. Uang ini bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan lainnya. 

Bila telah menginjakkan kaki ke Kuala Lumpur Sentral , Anda bisa berjalan-jalan ke beberapa tempat. Salah satunya KLCC atau Petronas Tower, sering disebut menara kembar. Perjalanan ke sana dapat dilanjutkan dengan RapidKL dan hanya butuh modal 3 ringgit.

Selama di Petronas Tower, pelancong dapat berkeliling di mal atau melihat air mancur di sisi belakang menara itu. Lumayan untuk liburan seharian. Jajanan di sekitar trotoar kawasan itu juga masih cocok dikantong.

Seperti jagung bakar dihargai 5 ringgit dan jajanan pinggir jalan juga sangat terjangkau. Kalau lapar, Anda dapat menikmati makanan cepat saji dengan harga cukup terjangkau berkisar 16 ringgit.

Dengan belanja kecil-kecilan di atas, Anda masih menyimpan 50 ringgit di kantong. Jika penerbangan dini hari, ada baiknya kembali ke bandara sebelum pukul 10 malam menggunakan bus.

Namun, jika memaksa menginap, pilih saja hotel budget. Di KL Sentral ada beberapa penginapan yang menawarkan harga murah mulai dari 36 ringgit. Sisanya gunakanlah untuk perjalanan menuju bandara dan kembali ke Tanah Air.

Walaupun cukup untuk liburan sehari penuh, tetap usahakan anda memiliki cadangan keuangan. Ini untuk menolong anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Selamat mencoba.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
malaysia, Liburan

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top