Ilustrasi/Antara
Travel

Tips Hindari Kuman, Bakteri dan Virus di Kamar Hotel

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 30 Januari 2020 - 12:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar hotel semewah apapun itu, bisa saja menyimpan beragam bakteri dan kotoran di dalamnya yang tidak bisa terlihat secara kasat mata.

Karena, kamar itu telah dihuni oleh ratusan atau bahkan ribuan orang asing yang menginap di dalamnya. Dan staf hotel mungkin tidak memiliki standar kebersihan yang sama dengan yang Anda lakukan di rumah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kuman sering bersembunyi di tempat-tempat seperti lampu, remote televisi, dan keypad telepon, bahkan di kamar hotel yang tampak bersih. Apakah Anda siap untuk seprai kotor, toilet berbuih, atau bahkan kutu busuk? Kondisi kamar hotel yang kotor dapat memengaruhi kesehatan Anda, misalnya seperti terkena pilek atau virus perut.

Apalagi dengan merebaknya virus corona yang saat ini sedang dikhawatirkan seluruh dunia. 

Daripada Anda mengalami masalah kesehatan tersebut, berikut tips yang bisa diterapkan jika Anda hendak menginap di hotel  seperti dilansir dari smartertravel.com :

1. Baca Ulasan

Tidak ada standar internasional untuk kebersihan hotel. Harga, lokasi, atau nama merek tidak akan menjamin sepenuhnya masalah sanitasi.

Karena itu, Anda bisa melihat kondisi kebersihan kamar hotel dengan melihat ulasan dari penginap sebelumnya. Sebagian besar situs ulasan perjalanan dan hotel memiliki kebersihan sebagai kategori untuk evaluasi. Ulasan ini bisa dilihat dari beberapa web penyedia jasa layanan online travel agent.

2. Cuci Tangan

Sering mencuci tangan terbukti mengurangi transfer pilek dan virus, dan akan mencegah bakteri dari apa pun yang Anda sentuh, kemudian mentransfernya ke mulut, mata, atau hidung Anda.

Jadi, bahkan jika kamar hotel Anda tidak dibersihkan dengan baik,  mencuci tangan bisa mencegah penularan virus.

3. Bawa selimut atau sprei sendiri

Selimut dan sprei di hotel adalah bagian paling sering digunakan. Kita sendiri tidak tahu seberapa sering pihak hotel mencuci dan menggantinya. Caranya, Anda bisa minta ganti sprei dan selimut baru, atau bahkan membawanya sendiri dari rumah.

4. Bawa pembersih

Jika Anda masih tidak yakin dengan kebersihan kamar hotel yang akan diinapi, maka bawalah pembersih sendiri. Misalnya saja tisu, cairan pembersih untuk membersihkan bagian-bagian penting dalam kamar hotel.

Tempat-tempat penting untuk disemprotkan ke kuman meliputi telepon, kenop pintu, gagang toilet, ember es, remote control, dan gagang keran kamar mandi.

5. Hindari Gelas

Tidak ada jaminan bahwa gelas dan mug kamar Anda dicuci dengan benar dan bersih. Cara cepat untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan cangkir Anda di bawah air panas selama satu atau dua menit sebelum menggunakannya, ini akan membunuh sebagian besar bakteri. Atau Anda bisa membawa mug sendiri dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro