Ilustrasi/Julemag
Travel

6 Tips Melakukan Traveling Sendiri, Salah Satunya Diperbolehkan Berbohong

Novita Sari Simamora
Selasa, 21 Januari 2020 - 00:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berpetualang sendiri bukanlah hal yang sulit dan menakutkan. Untuk berkunjung ke lokasi baru maka anda perlu melakukan persiapan yang matang.

Jangan pernah traveling sendirian tanpa ada persiapan yang matang, sebab hal tersebut akan merugikan diri sendiri selama perjalanan. Persiapan-persiapan yang baik sebelum solo traveling akan menghilang kekhawatiran.

Berikut tips yang perlu diperhatikan saat melakukan solo traveling:

1. Buatlah itinerary perjalanan secara detail

Liburan hanya seorang diri akan membuatmu mengetahui siapa dirimu sebenarnya. Aktivitas ini juga akan membantu untuk sepenuhnya bergantung pada diri sendiri.

Aturlah jadwal yang tidak terlalu ketat tetapi cukup detail.  Disiplinlah pada jadwal yang telah ditetapkan. Nikmatilah perjalananmu.

2. Kenali lokasi yang akan anda kunjungi

Lakukan penjelajahan melalui internet. Ketahui alamat kantor polisi, klinik hingga rumah sakit di daerah tersebut dan catatlah nomor telepon penting di daerah yang dikunjungi. Catat dan ingatlah nomor telepon orang-orang terdekat anda.Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

Pelajari lokasi yang hendak anda kunjungi, mulai dari harga tiket transportasi umum, tarif hingga wilayah-wilayah yang rawan kriminal.

Selain itu, anda perlu juga memahami beberapa kata bahasa daerah yang hendak anda kunjungi. Mengetahui bahasa daerah setempat selama bertraveling bakal menjadikan anda lebih dekat dengan masyarakat sekitar, seperti sapaan hal .

3. Gunakan pakaian yang nyaman

Tak perlu menggunakan pakaian yang sangat mencolok saat solo traveling. Pilihlah pakaian yang cepat kering dan mudah menyerap keringat, serta tak mudah kusut. Bahan tak mudah kusut akan membuat anda tempat rapi mengenakan baju tersebut meski tanpa disetrika.

4. Tanggalkan perhiasan

Sangat disarankan tak memakai benda berharga seperti perhiasan emas dan permata saat melakukan solo traveling. Ini untuk menghindari anda dari aksi kriminal.

5. Diperbolehkan berbohong

Berada di lokasi baru, terkadang membuat diri merasa tidak nyaman bila bertemu dengan orang-orang yang mengajukan pertanyaan cukup detail dan sangat pribadi terhadap anda.

Bila pertanyaan-pertanyaan tersebut cukup mengganggu, alangkah baiknya dialihkan ke topik lain. Namun, bila warga sekitar memaksa meminta jawaban dan dinilai mencurigakan, gunakanlah hati. Bila mulai merasa tak nyaman maka dipersilahkan berbohong.

6. Jangan lupa update media sosial

Perbaharuilah media sosialmu dengan foto selfie dan info lokasi yang kamu kunjungi. Tentunya, hal ini bukan semata-mata untuk pamer ria.

Dengan memberikan update ke media sosial, maka teman-temanmu yang sedang tak bersamamu bisa memantau keberadaanmu. Cara lain yang bisa dilakukan yakni memberikan detail itinerary kepada sahabat-sahabatmu dan update di grup sahabat dan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Akhirul Anwar
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro