Menikmati Keindahan Kek Lok Si Display of Lights 2020 di Penang

Dari sekian banyak daerah tujuan wisata saat Imlek, Kek Lok Si Temple yang ada di Penang, Malaysia bisa jadi destinasi yang cocok. Berikut 5 daya tarik yang akan Anda temukan ketika liburan ke Kek Lok Si Temple saat Imlek.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 21 Januari 2020  |  09:47 WIB
Menikmati Keindahan Kek Lok Si Display of Lights 2020 di Penang
Source: Pixabay

Bisnis.com, JAKARTA -- Sudah ada rencana mau ke mana di liburan Imlek tahun ini? Hari libur tahun baru Imlek di tahun 2020 jatuh pada 25 Januari, yang kebetulan tepat di hari Sabtu. Bagi Anda yang belum sempat melakukan libur akhir tahun, tidak ada salahnya rehat sejenak dari aktivitas dan mulai packing untuk liburan.

Dari sekian banyak daerah tujuan wisata saat Imlek, Kek Lok Si Temple yang ada di Penang, Malaysia bisa jadi destinasi yang cocok. Berikut 5 daya tarik yang akan Anda temukan ketika liburan ke Kek Lok Si Temple saat Imlek.

Tortoise Liberation Pond

Kek Lok Si Temple berlokasi di Air Itam, kawasan suburban George Town, Penang, Malaysia. Sebagai tempat suci bagi umat Budha di Hong Kong, Filipina, Singapura, dan negara Asia Tenggara lain, Kek Lok Si Temple selalu ramai dikunjungi terutama saat Imlek.

Pintu masuk dari kuil ini berada tepat di sisi sungai Air Itam. Dibuat seperti jalan setapak yang menanjak, pintu masuk ini juga diramaikan dengan deretan toko yang menjual cenderamata, makanan ringan, dan barang menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Di ujung jalan setapak, Anda akan menemukan Tortoise Liberation Pond alias kolam tortoise (sejenis kura-kura).

Kolam ini berisi ratusan tortoise dan sudah terkenal sejak awal pembangunan kuil. Jika si kecil ikut berlibur, jangan lupa ajak ia untuk memberi makan tortoise dengan tumbuhan hijau yang dijual di sekitar area kolam.

The Amitabha Buddha Pagoda

Saat menyebut Kek Lok Si Temple, sedikit banyak bangunan pagoda yang satu ini yang terbayang di ingatan. Bangunan kuil besar di atas bukit, berwarna putih dengan puncak berwarna emas ini memang sangat mengesankan. The Amitabha Buddha Pagoda dibangun dengan cara 'mengawinkan' 3 unsur Buddha dari 3 negara.

Bagian dasar bangunan yang berbentuk oktagon dengan dominasi warna merah mengambil dari desain kuil China. Sementara bagian tengah bangunan yag berwarna putih gading mengambil desain dari kuil yang ada di Thailand. Semakin memesona, puncaknya yang mengerucut terlihat berwarna emas karena terpengaruh dari kuil di Myanmar.

The Kuan Yin Bodhimandala

Puncak dari komplek kuil ini adalah adanya patung Dewi Kuan Im atau The Kuan Yin Bodhimandala yang berukuran sangat besar, yaitu 31.2 meter. Untuk menuju tempat ini, Anda perlu mendaki anak tangga yang cukup curam. Jika dirasa melelahkan, Anda dapat memanfaatkan lift yang disediakan dan cukup membayar RM4.

The Pagoda of a Million Buddhas

Pagoda ini biasa disebut sebagai Pagoda Rama VI atau Pagoda 10.000 Budha. Penamaan ini diberikan karena di dalam pagoda terdapat 10.000 patung Budha yang terbuat dari batu pualam dan perunggu. Pagoda ini selesai dibangun pada tahun 1930. The Pagoda of a Million Buddhas sengaja dirancang sedemikian rupa untuk menyimbolkan harmoni yang seimbang antara Budha Mahayana dengan Budha Theravada.

Display of Lights

Inilah acara yang selalu menjadi daya tarik utama di komplek Kek Lok Si Temple. Acara Display of Lights tahun ini digelar mulai tanggal 19--21 Februari 2020. Di acara ini, Anda dapat menikmati jutaan cahaya lampu dan lampion yang menghiasi seluruh area kuil. Lebih dari 10.000 lampu akan dinyalakan, dengan warna berbeda yang pastinya semakin mempercantik area kuil.

Deretan pagoda indah seperti The Pagoda of a Million Buddhas, The Kuan Yin Bodhimandala, hingga The Amitabha Buddha Pagoda juga tidak ketinggalan untuk berhias. Kawasan ini akan terlihat spektakuler dengan nyala lampu sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Untuk menikmati indahnya Display of Lights 2020 di Kek Lok Si Temple, tentu Anda membutuhkan penerbangan yang nyaman. Perjalanan nyaman bisa didapat dengan cara memesan tiket sejak jauh hari, agar tidak terkena dampak peak season terutama saat Imlek.

Kini tiket pesawat sudah sangat mudah didapat melalui aplikasi pemesanan tiket, salah satunya Traveloka. Sistem pembayaran yang beragam juga dijamin tidak akan memberatkan budget liburan di tahun ini. Jadi, bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman berbeda saat Imlek, beli tiket pesawat ke Malaysia sekarang juga!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Traveloka

Editor : Media Digital
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top