Berbagi Ilmu Kreatif di Komunitas GoFood Festival

Konten kreator, lanjutnya, tidak boleh kehabisan ide dalam mengambil sudut pandang suatu objek. Pasalnya, sangat banyak konten yang bisa diambil dari lingkungan yang paling dekat.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 03 Januari 2020  |  12:44 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Konten informasi di era digital cenderung dikemas secara visual seperti foto dan video, namun karya tulis jurnalistik diyakini masih menjadi sumber utama warganet mencari informasi.

Johny Parwanto, Admin Komunitas Fotografi Ponsel Indonesia (Foponsi) mengatakan bahwa untuk membuat konten yang dapat viral di masyarakat, konten kreator harus mampu menganalisa media sosial yang digunakan.

“Kita bisa membuat foto menjadi viral dengan cara gunakan hashtag yang lagi trend dan upload di jam-jam tertentu, tambahkan caption yang membuat foto kita lebih bercerita, pasti postingan itu langsung naik,” ujarnya dalam kegiatan Kopdar #1 yang diselenggarakan Pesenmakan.id di GoFood Festival GBK.

Konten kreator, lanjutnya, tidak boleh kehabisan ide dalam mengambil sudut pandang suatu objek. Pasalnya, sangat banyak konten yang bisa diambil dari lingkungan yang paling dekat.

Dalam Kopdar #1 Pesenmakan.id, portal komunitas yang menyajikan informasi tentang makanan dari berbagai kota di Indonesia ini, Johny juga membagikan sedikit pengalaman dan teknik pengambilan gambar menggunakan kamera ponsel.

Selain Foponsi, kegiatan yang bertema Tren Konten Digital 2020 dan Fotografi Lewat Ponsel ini juga menghadirkan author Komik Onlen Alan “Bang Lambe”, dan Ernia Karina, Koordinator Editor IDN Times sebagai pembicara.

Johny berpendapat, GoFood Festival GBK adalah sebuah terobosan yang dapat mengharmonisasi kebutuhan masyarakat terhadap tempat wisata kuliner dan juga mengangkat ekonomi kreatif masyarakat dari sektor kuliner Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Tidak hanya menarik secara visual, kehadiran GoFood Festival GBK juga sarat manfaat bagi komunitas itu sendiri. Selain bisa mengadakan acara internal, komunitas juga bisa berkolaborasi dengan komunitas lain, seperti mengenalkan komunitas ke masyarakat luas.

“Manfaat yang dirasakan, selain bisa berbagi ilmu, komunitas kami juga bisa dikenal oleh masyarakat, karena tempatnya yang terbuka dan siapapun bisa join langsung ke venue acara,” tutur Johny.

Sejak dibuka pada Mei 2018, GoFood Festival Gelora Bung Karno (GBK) telah menjadi salah satu destinasi kuliner satu tempat serba nikmat di pusat Jakarta. Bertempat di area Gelora Bung Karno membuat GoFood Festival GBK menjadi paket lengkap kawasan kebugaran dan hiburan yang strategis.

Lokasi GoFood Festival GBK yang berada di jantung ibukota dengan area yang luas ditambah dengan dekorasi yang menarik membuat GoFood Festival GBK tidak hanya ramai dikunjungi masyarakat sebagai individu, namun juga sebagai wadah komunitas untuk menyelenggarakan berbagai acara dan kegiatan yang positif.

Selain itu, GoFood Festival GBK menyediakan venue dengan konsep lesehan yang dilengkapi dengan rumput sintetis dan sofa bean bag yang nyaman. Atmosfer venue  yang terbuka memberikan keuntungan bagi komunitas yang ingin mengadakan acara di sini karena dapat diakses oleh semua pengunjung.

Kesuksesan terselenggaranya acara Kopdar #1 Pesenmakan.id semakin membuka ruang bagi komunitas atau masyarakat yang ingin tampil di GoFood Festival GBK. Hal itu bisa dilihat dari animo audience yang tinggi dan didukung dengan GoFood Festival GBK sebagai pusat wisata kuliner yang tidak hanya fokus pada pengembangan UMKM tetapi juga sebagai wadah apresiasi bagi masyarakat atau komunitas yang memiliki karya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Gojek, komunitas, kuliner

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top