Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menikmati Sensasi Liburan Tahun Baru di Pegunungan Bandung Raya

Menghabiskan waktu di penghujung tahun tidak harus melulu menghitung mundur sembali menyaksikan kembang api. Ada baiknya mencoba sensasi menghabiskan malam tahun baru di pegunungan di kawasan Bandung Raya.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 31 Desember 2019  |  11:30 WIB

Bisnis.com, BANDUNG - Menghabiskan waktu di penghujung tahun tidak harus melulu menghitung mundur sembali menyaksikan kembang api. Ada baiknya mencoba sensasi menghabiskan malam tahun baru di pegunungan di kawasan Bandung Raya.

Banyak hal bisa dilakukan untuk mengisi hari libur tahun baru di pegunungan. Selain bisa menghilangkan penat setelah bekerja full setiap hari, juga bisa mengembalikan diri pada alam, menghirup udara segar, tanpa adanya gangguan notifikasi dari gawai, serta menghindarkan diri dari kebisingan kota.

Berikut beberapa pegunungan di kawasan Bandung Raya yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu hingga pergantian tahun.

1. Gunung Manglayang

Pegunungan yang terletak di timur Kota Bandung ini memiliki ketinggian 1.818 Mdpl. Karakterisitik gunung ini memiliki pepohonan yang rimbun. 

Bagi yang ingin berlibur di sana, tidak usai khawatir akan terlalu tinggi. Karena di sana kita bisa saja menikmati semilir angin di bawah deretan pohon pinus di Batu Kuda.

Ditambah sedikit perlengkapan seperti tenda dan hammock mungkin akan menjadikan sensasi kemah yang menarik. Belum lagi kalau membawa perbekalan makanan untuk dibakar saat malam harinya aman menambah warna-warni liburan anda.

2. Gunung Burangrang

Gunung ini memang menjadi kawasan pavorit bagi pendaki. Bagaimana tidak, dari atas puncak Gunung Burangrang pendaki akan bisa melihat eksotisnya perkotaan. 

Gunung setinggi 2.208 Mdpl itu terletak di Lecamatan Lembang yang melintang hingga ke Kabupaten Subang. Jangan khawatir, bagi yang punya hobi photografi puncak gunung ini menjadi yang terbaik untuk mengambil lanscape perkotaan dari atas puncal gunung.

3. Gunung Bukit Tunggul

Kawasan Gunung Bukit Tunggul ini bisa diakses dari dua arah, baik dari arah utara Bandung maupun timur Bandung. Dari arah utara, bisa mengakses kawasan yang kental dengan cerita legenda Sangkuriang ini dari arah Kampung Pasing Angling, Desa Sunten Jaya, Lembang.

Namun, bisa juga diakses melalui jalur Ujungberung, nantinya akan melewati gerbang Desa Cipanjalu, Cilengkrang.

Meski puncaknya tertutupi pepohonan, namun di kawasan tersebut terdapat kolam unik. Di sana kita bisa mendirikan tenda untuk menilmati jejeran pepohonan kina dan juga perkotaan Bandung.

4. Gunung Mandalawangi

Gunung dengan ketinggian 1.650 Mdpl ini berada di Nagreg yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Garug. Yang menarik, di sana kita bisa mendaki 25 puncak gunungnya. Namun, tentu saja yang paling pavorit didaki adalah Puncak Masigit.

Akses kesana mungkin tidak akan sepadat pegunungan yang berada di utara Bandung sehingga akan lebih leluasa menentukan jam untuk berangkat tanpa harus khawatir kehabisan waktu bermacet-macetan.

5. Gunung Kendang

Gunung yang terletak di Kertasari, Kabupaten Bandung ini berbatasan langsung dengam Kabupaten Garut.


Daya tarik gunung ini mungkin berbeda dengan karakteritik gunung lainnya di Bandung Raya, yakni terdapat savana di sekitar puncaknya. Jik ada yang pernah ke Alun-Alun Suryakencana, Gunung Gede Pangrango, maka ini adalah versi mininya.

Untuk mendaki gunung ini, nampaknya harus dilengkapi peralatan daki yang mumpuni serta kesiapan logistik yang mapan mengingat tantangan jalurnya pun sebanding dengan keindahan yang akan didapat di puncak sana.

6. Gunung Patuha

Gunung ini terletak di Kawasan Bandung Selatan, atau tepatnya di Desa Rancabali, Kabupaten Bandung. Mungkin semua pasti mengenal objel wisata Kawah Putih, nah kawah tersebut adalah puncak utama Gunung Patuha. 

Tidak jauh dari kawasan tersebut, ada sebuah kawasan perkemahan yang cukup tersohor, yakni Rancaupas. Sehingga, setelah menikmati keindahan Kawah Putih, malamnya bisa merasakan dinginnya Ciwidey sambil memanggang sosis, jagung atau kopi panas. 

Di sana juga ada penangkaran rusa yang bisa menjadi spot berswafoto menarik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung agung
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top